EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22532Keywords:
Efektifitas, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Kemampuan Memecahkan MasalahAbstract
Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya kemampuan memecahkan masalah matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banguntapan Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banguntapan kecuali siswa kelas VII G dan VII H. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara undian kelas. Dari undian kelas diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Kemampuan memecahkan masalah matematika diperoleh menggunakan metode tes. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji daya pembeda dan uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji prasyarat adalah uji normalitas dengan Chi-Kuadrat dan uji homogenitas dengan uji-F, sedangkan uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t dua pihak diperoleh dan , sehingga dengan taraf signifikan 5% dan dk = 54 menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbeda dengan siswa yang menggunakan metode ekspositori. Dari uji-t satu pihak diperoleh sehingga dengan taraf signifikan 5% dan dk = 54 menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif daripada model pembelajaran menggunakan metode ekspositori terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika.References
Ibrahim dan Suparni. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Bidang akademik UIN Sunan Kalijaga.
Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
2020-10-01
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License