PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) C SMK NEGERI 1 PAJANGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22530Keywords:
Interaksi Belajar, Matematika, NHT.Abstract
Interaksi belajar siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan (TGB) C SMK Negeri 1 Pajangan Kabupaten Bantul dalam pembelajaran matematika masih rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum memotivasi siswa untuk aktif berinteraksi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan interaksi belajar matematika siswa kelas XI TGB C SMK Negeri 1 Pajangan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setting penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TGB C SMK Negeri 1 Pajangan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan interaksi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi interaksi belajar matematika siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu rata-rata persentase siklus I sebesar 57, 84% dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 76, 91% dengan kriteria baik.
References
Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, Suharjono, & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Majid, Abdul. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 Pasal 19 tentang Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta Didik, antara Peserta Didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License