PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) A SMK N 1 PLERET KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22529Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Matematika, PBLAbstract
Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) A SMK N 1 Pleret Tahun Ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) A SMK N 1 Pleret. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting penelitian ini adalah siswa kelas Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) A SMK N 1 Pleret Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa selama pembelajaran dengan menggunakan PBL mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi kemampuan berpikir kreatif siswa, rata-rata persentase pada siklus I adalah 57,84% (kriteria cukup), dan rata-rata presentase siklus II adalah 76,91% (kriteria baik).
References
Hendriana, Heris., Roehaeti, Euis Eti., dan Sumarmo, Utari. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Kemendikbud. (2013). Lampiran Permendikbud No 70 Tahun 2013 Tentang Keranka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.
Kemendikbud. (2014). Lampiran Permendikbud No 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.
Munandar, Utami. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurlaela, Lutfiyah., Dan Ismayari, Euis. (2014). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sani, Ridwan Abdullah. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License