EFEKTIVITAS METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 3 BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22528Keywords:
, Problem SolvinProblem Based Learning, Keaktifan, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keefektifan belajar matematika siswa antara model pembelajaran Problem Solving dengan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VII SMP N 3 Bantul pada pelajaran matematika terhadap keaktifan dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (quasi-experimental research). Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 3 Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP N 3 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini mengambil sampel menggunakan teknik random sample terhadap kelas yaitu siswa kelas VII G dan kelas VII H SMP N 3 Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket dan butir soal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non-tes dan butir soal. Instrumen tes dilakukan uji validasi judgement expert. Analisa data menggunakan teknik statistik dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 1) Ada perbedaan keaktifan siswa yang nenggunakan metode Problem Solving dan metode Problem Based Learning, 2) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Problem Solving dan metode Problem Based Learning, 3) Metode Problem Solving lebih baik daripada metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar.
References
Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakara.
Arikunto, Suharsimi. (2011). Penelitian dan Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Aditya Media.
Saharsaputra. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang RI no.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License