HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SEWON KABUPATEN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22527Keywords:
Kedisiplinan Belajar, Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Kedisiplinan belajar, motivasi belajar dan perhatian orang tua merupakan beberapa faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar, motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sewon Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sewon Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas VIIIA dan VIII B, yang keseluruhan berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling dan didapat kelas VIIIB sebagai kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data kedisiplinan belajar, motivasi belajar dan perhatian orang tua, serta metode tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar, motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sewon Kabupaten Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftable yaitu 7,62 > 2,96 dengan R = 0,6772 dan R2 = 0,4587.
References
Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amri, Sofan. (2013). Pengembangan Dan Model Pembelajarab Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
. (2016). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003).Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
. . (2006).Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, Sutrisno. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi.
Hasbullah. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Islamuddin, Haryu. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jatmiko. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Nahdatul Ulama Pace Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Math Educator Nusantara. Vol 1, NO 2.
Khairani, Makmun. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Khasanah, Uswatun. (2016). Analisis Regresi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Purwantini. (2012). Hubungan Kedisiplinan Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah Pleret Bantul Tahun Pelajaran 2011/2012.Yogyakarta: Skripsi UAD
Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Rinnawati. (2013). Hubungan Teman Sebaya dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Se-Kecamatan Godean Kabupten Sleman Tahun Pelajaran 2012/2013. Yogyakarta: Skripsi UAD
Rimm, Sylvia. (2003). Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia
Sardiman.A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajagrafindo Persada
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soemanto, Wasty. (2003). Psikolog Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman,dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Sujatmiko, Novian. (2015). Hubungan Antara Minat Belajar, Kedisiplinan Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1Prambanan Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2, NO 3
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran:Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Suryabrata, Sumadi. (2012). Psikolog Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya
Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tuu, Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo
Uno, Hamzah B. (2009). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT Ina Publikatama
Uno, Hamzah B. dan Mohamad, Nurdin. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara
Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Andi Offset
Willis, Sofyan S. (2012). Psikologi Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License