HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SEWON KABUPATEN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Vegi Intan Futri Universitas Ahmad Dahlan
  • Suparyan Suparyan Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22527

Keywords:

Kedisiplinan Belajar, Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Kedisiplinan belajar, motivasi belajar dan perhatian orang tua merupakan beberapa faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar, motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sewon Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sewon Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas VIIIA dan VIII B, yang keseluruhan berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling dan didapat kelas VIIIB sebagai kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data kedisiplinan belajar, motivasi belajar dan perhatian orang tua, serta metode  tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar, motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sewon Kabupaten Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftable yaitu 7,62 > 2,96 dengan  R = 0,6772 dan R2 = 0,4587.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan Dan Model Pembelajarab Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2016). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003).Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

. . (2006).Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi.

Hasbullah. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Islamuddin, Haryu. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jatmiko. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Nahdatul Ulama Pace Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Math Educator Nusantara. Vol 1, NO 2.

Khairani, Makmun. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Khasanah, Uswatun. (2016). Analisis Regresi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Purwantini. (2012). Hubungan Kedisiplinan Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah Pleret Bantul Tahun Pelajaran 2011/2012.Yogyakarta: Skripsi UAD

Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Rinnawati. (2013). Hubungan Teman Sebaya dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Se-Kecamatan Godean Kabupten Sleman Tahun Pelajaran 2012/2013. Yogyakarta: Skripsi UAD

Rimm, Sylvia. (2003). Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia

Sardiman.A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajagrafindo Persada

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soemanto, Wasty. (2003). Psikolog Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman,dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Sujatmiko, Novian. (2015). Hubungan Antara Minat Belajar, Kedisiplinan Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1Prambanan Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2, NO 3

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran:Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suryabrata, Sumadi. (2012). Psikolog Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tuu, Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo

Uno, Hamzah B. (2009). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT Ina Publikatama

Uno, Hamzah B. dan Mohamad, Nurdin. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara

Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Andi Offset

Willis, Sofyan S. (2012). Psikologi Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles