UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH KRETEK KABUPATEN BANTUL SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2017/ 2018

Authors

  • Kiswanto Hadykusuma Diningrat Universitas Ahmad Dahlan
  • Sumargiyani Sumargiyani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22526

Keywords:

Quantum Teaching, Aktivitas Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya aktivitas belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Kretek Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian yaitu meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Kretek Kabupaten Bantul Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah kretek Kabupaten Bantul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 25 yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan metode observasi menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa, dan wawancara. Analisis Instrumen menggunakan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Kretek Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dari hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran setiap siklus mengalami peningkatan yaitu rata-rata presentase hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 52,67% yang mencapai kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 63,91% yang mencapai kriteria baik. Dari hasil wawancara dengan siswa menunjukan respon yang positif terhadap aktivitas belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

DePorter, Bobbi, dkk. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. (2006). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2010). Pelaksanaan Penilaian dalam Implementasi KTSP Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pembinaan.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT.Remaja Rosdakarrya.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

S.Nasution. (2011). Didaktik asas-asas mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. (2012). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. (2011). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles