PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2

Authors

  • Muhammad Intifada Makruf Universitas Ahmad Dahlan
  • Edi Prajitno Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22523

Keywords:

Keaktifan Belajar Siswa, TAI, matematika

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena keaktifan siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Kabupaten Sleman tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran matematika masih kurang. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Kabupaten Sleman semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting yang digunakan adalah kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Kabupaten Sleman yang berjumlah 33 siswa. Penelitian dilakukan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Siklus I dan siklus II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Data dikumpulkan dengan metode observasi dengan lembar observasi keaktifan belajar siswa, dan wawancara. Analisis instrumen menggunakan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Kabupaten Sleman semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dari hasil observasi keaktifan siswa dalam pembelajaran setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu rata-rata persentase hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I 52,350% yang mencapai kriteria sedang, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,009% yang mencapai kriteria tinggi. Dari hasil wawancara dengan beberapa siswa diperoleh juga bahwa siswa dapat menerima dengan baik serta tertarik dalam mengikuti pembelajaran.

References

A.M, Sardiman. (2011). Interaksi dan motifasi belajar mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta : Rhine Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitin tindakan kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Candrasari, Erlinda Novia dan Murtiyasa, Budi. (2014). Peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Ngemplak tahun ajaran 2013/2014. UMS: Jurnal Pendidikan

Departemen Pendidikan nasional. (2008). KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA PUSAT BAHASA EDISI KEEMPAT. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2010). Pelaksanaan penelitian dalam implementasi KTSP kementrian pendidikan nasional. Jakarta : Direktorat pembinaan

Dimyati, dkk. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT RINEKA CIPTA.

Hamalik, Oemar. (2009). Dasar dasar pengembangan kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Huda, Miftahul. (2012). Cooperative learning metode, tekni, struktur dan model terapan. Yogyaarta : Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Matematika SMP/MTs kelas VIII. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Khikmawan, Agus. (2013). Matematika untuk SMP/MTs VII : CV. Hasan Pratama.

Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Salendra. (2016). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan metode example non example pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan kelas IV SD Muhammadiyah Karangharjo tahun ajaran 2016/2017. Yogyakarta : Skripsi UAD.

Slavin, Robert E. (2005). COOPERATIVE LEARNING Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Suherman, Erman. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung : JICA.

Suprijoni, Agus. (2013). Cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulfah, Hidayati Arini. (2013). Upaya meningkatkan kerjasama siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) pada siswa kelas VIII A semester gasal SMP Negeri 4 Depok Kabupaten Sleman tahun ajaran 2013/2014. Yogyakarta : Skripsi UAD.

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles