PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22523Keywords:
Keaktifan Belajar Siswa, TAI, matematikaAbstract
Penelitian ini dilaksanakan karena keaktifan siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Kabupaten Sleman tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran matematika masih kurang. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Kabupaten Sleman semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting yang digunakan adalah kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Kabupaten Sleman yang berjumlah 33 siswa. Penelitian dilakukan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Siklus I dan siklus II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Data dikumpulkan dengan metode observasi dengan lembar observasi keaktifan belajar siswa, dan wawancara. Analisis instrumen menggunakan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Kabupaten Sleman semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dari hasil observasi keaktifan siswa dalam pembelajaran setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu rata-rata persentase hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I 52,350% yang mencapai kriteria sedang, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,009% yang mencapai kriteria tinggi. Dari hasil wawancara dengan beberapa siswa diperoleh juga bahwa siswa dapat menerima dengan baik serta tertarik dalam mengikuti pembelajaran.
References
A.M, Sardiman. (2011). Interaksi dan motifasi belajar mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta : Rhine Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitin tindakan kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Candrasari, Erlinda Novia dan Murtiyasa, Budi. (2014). Peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Ngemplak tahun ajaran 2013/2014. UMS: Jurnal Pendidikan
Departemen Pendidikan nasional. (2008). KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA PUSAT BAHASA EDISI KEEMPAT. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2010). Pelaksanaan penelitian dalam implementasi KTSP kementrian pendidikan nasional. Jakarta : Direktorat pembinaan
Dimyati, dkk. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT RINEKA CIPTA.
Hamalik, Oemar. (2009). Dasar dasar pengembangan kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul. (2012). Cooperative learning metode, tekni, struktur dan model terapan. Yogyaarta : Pustaka Pelajar.
Isjoni. (2013). Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Matematika SMP/MTs kelas VIII. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Khikmawan, Agus. (2013). Matematika untuk SMP/MTs VII : CV. Hasan Pratama.
Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Salendra. (2016). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan metode example non example pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan kelas IV SD Muhammadiyah Karangharjo tahun ajaran 2016/2017. Yogyakarta : Skripsi UAD.
Slavin, Robert E. (2005). COOPERATIVE LEARNING Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.
Suherman, Erman. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung : JICA.
Suprijoni, Agus. (2013). Cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ulfah, Hidayati Arini. (2013). Upaya meningkatkan kerjasama siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) pada siswa kelas VIII A semester gasal SMP Negeri 4 Depok Kabupaten Sleman tahun ajaran 2013/2014. Yogyakarta : Skripsi UAD.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License