EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE FIRING LINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMK N 2 SEWON TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Meli Fitriani Universitas Ahmad Dahlan
  • Syariful Fahmi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22522

Keywords:

efektivitas, The Firing Line, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena strategi pembelajaran yang biasa diterapkan di SMK N 2 Sewon masih berpusat pada guru dan siswa pasif dalam pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah strategi pembelajaran The Firing Line. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah (1) efektivitas penggunaan strategi pembelajaran The Firing Line terhadap hasil belajar,(2) perbedaan hasil belajar antara strategi pembelajaran The Firing Line dengan strategi pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas XI Busana SMK N 2 Sewon. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, kelas XI Busana 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI Busana 2 sebagai kelas kontrol.Uji instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment, reliabilitas dengan rumus Alpha. Analisis data dengan uji rata-rata, uji normalitas dengan rumus Chi-Kuadrat, uji homogenitas dengan uji Bartlet. Berdasarkan dari tes hasil belajar matematika peserta didik, nilai rata-rata kelas eksperimen 85,83 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 77,92. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran The Firing Line dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK N 2 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan nilai rata-rata kelas diperoleh perbandingan rata-rata kedua kelas yaitu 7,91. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran The Firing Line lebih efektif dibandingkan strategi pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK N 2 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018.

References

Fitri,Rahma, Helma, dan Hendra Syarifudin. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3

Mukhlisin,Mohamad. (2012). Analisis Kurikulum Matematika Sekolah. Yogyakarta: Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memperngaruhi. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles