EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE FIRING LINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMK N 2 SEWON TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22522Keywords:
efektivitas, The Firing Line, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilakukan karena strategi pembelajaran yang biasa diterapkan di SMK N 2 Sewon masih berpusat pada guru dan siswa pasif dalam pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah strategi pembelajaran The Firing Line. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah (1) efektivitas penggunaan strategi pembelajaran The Firing Line terhadap hasil belajar,(2) perbedaan hasil belajar antara strategi pembelajaran The Firing Line dengan strategi pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas XI Busana SMK N 2 Sewon. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, kelas XI Busana 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI Busana 2 sebagai kelas kontrol.Uji instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment, reliabilitas dengan rumus Alpha. Analisis data dengan uji rata-rata, uji normalitas dengan rumus Chi-Kuadrat, uji homogenitas dengan uji Bartlet. Berdasarkan dari tes hasil belajar matematika peserta didik, nilai rata-rata kelas eksperimen 85,83 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 77,92. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran The Firing Line dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK N 2 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan nilai rata-rata kelas diperoleh perbandingan rata-rata kedua kelas yaitu 7,91. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran The Firing Line lebih efektif dibandingkan strategi pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK N 2 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018.
References
Fitri,Rahma, Helma, dan Hendra Syarifudin. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3
Mukhlisin,Mohamad. (2012). Analisis Kurikulum Matematika Sekolah. Yogyakarta: Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memperngaruhi. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License