EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAVI DAN SAINTIFIK PADA MATERI SUDUT DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI 4 KULON PROGO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22521Keywords:
pendekatan SAVI, pendekatan Saintifik, hasil belajarAbstract
Pendekatan pembelajaran yang berlangsung selama ini masih belum memaksimalkan segala potensi serta modalitas belajar pada diri siswa sehingga berakibat pada masih rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran matematika antara siswa dengan menggunakan pendekatan SAVI dan siswa dengan menggunakan pendekatan Saintifik ditinjau dari hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun bentuk desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dengan jenis Postest-Only Control Design. Dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu sebagai kelas kontrol yang telah dipilih secara acak (Random). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII C MTs Negeri 4 Kulon Progo, dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VII A dan VII B. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang diberikan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test (uji-t). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan SAVI dibandingan dengan pendekatan Saintifik berdasarkan hasil uji-t dua pihak diperoleh 2,754548165. Hasil dari penelitian ini juga menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran matematika siswa dengan pendekatan SAVI lebih tinggi dari pada siswa dengan pendekatan Saintifik berdasar hasil belajar siswa, karena berdasarkan hasil uji-t satu pihak diperoleh 2,754548165 dan 1,68257 yang berarti bahwa pembelajaran dengan pendekatan SAVI lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan Saintifik ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 4 Kulon Progo.
References
Asari, Abdur Rahman, dkk. (2016). Matematika. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dimiyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Meier, Dave. (2002). The Accelerated Learning Hand Book: panduan kreatif dan efektif merancang program pendidikan dan pelatiha. Bandung: Kaifa.
Huda, Miftahul. (2016). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Meier, Dave. (2002). The Accelerated Learning Hand Book: panduan kreatif dan efektif merancang program pendidikan dan pelatihan; penerjemah, Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Emran, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Huda.
Miftahul. (2016). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Uno, Hamzah. B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.
Winataputra, Udin S, dkk. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License