EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAVI DAN SAINTIFIK PADA MATERI SUDUT DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI 4 KULON PROGO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Vian Bima Fahrurrozi Universitas Ahmad Dahlan
  • Uus Kusdinar Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22521

Keywords:

pendekatan SAVI, pendekatan Saintifik, hasil belajar

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang berlangsung selama ini masih belum memaksimalkan segala potensi serta modalitas belajar pada diri siswa sehingga berakibat pada masih rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran matematika antara siswa dengan menggunakan pendekatan SAVI dan siswa dengan menggunakan pendekatan Saintifik ditinjau dari hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun bentuk desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dengan jenis Postest-Only Control Design. Dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu sebagai kelas kontrol yang telah dipilih secara acak (Random). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII C MTs Negeri 4 Kulon Progo, dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VII A dan VII B. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang diberikan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test (uji-t). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan SAVI dibandingan dengan pendekatan Saintifik berdasarkan hasil uji-t dua pihak diperoleh 2,754548165. Hasil dari penelitian ini juga menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran matematika siswa dengan pendekatan SAVI lebih tinggi dari pada siswa dengan pendekatan Saintifik berdasar hasil belajar siswa, karena berdasarkan hasil uji-t satu pihak diperoleh 2,754548165 dan 1,68257 yang berarti bahwa pembelajaran dengan pendekatan SAVI lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan Saintifik ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 4 Kulon Progo.

References

Asari, Abdur Rahman, dkk. (2016). Matematika. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimiyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Meier, Dave. (2002). The Accelerated Learning Hand Book: panduan kreatif dan efektif merancang program pendidikan dan pelatiha. Bandung: Kaifa.

Huda, Miftahul. (2016). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Meier, Dave. (2002). The Accelerated Learning Hand Book: panduan kreatif dan efektif merancang program pendidikan dan pelatihan; penerjemah, Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Emran, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Huda.

Miftahul. (2016). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno, Hamzah. B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.

Winataputra, Udin S, dkk. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles