HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA, LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH, DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Shoffi Arba Sari Universitas Ahmad Dahlan
  • Aris Thobirin Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22517

Keywords:

Dukungan Teman Sebaya, Lingkungan Belajar di Rumah, Konsep Diri, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Hasil observasi di di salah satu MTs Negeri di Kota Yogyakarta ditemukan beberapa masalah pada siswa, yaitu sebagian siswa merasa tidak percaya diri dalam mengerjakan soal matematika, pergaulan kelompok teman sebaya belum sepenuhnya memberikan pengaruh baik dan kurannya pengaruh baik dari lingkungan belajar di rumah serta hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan siginifikan antara dukungan teman sebaya, lingkungan belajar di rumah, dan konsep diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di salah satu MTs Negeri di Kota Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu MTs Negeri di Kota Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 7 kelas yang berjumlah 233 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas dan diperoleh kelas VIII E yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode angket untuk memperoleh data dukungan teman sebaya, lingkungan belajar di rumah dan konsep diri sedangkan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya, lingkungan belajar di rumah, dan konsep diri dengan hasil belajar matematika, diperoleh Fhitung = 5,973 dan Ftabel = 2,891 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,6052 dan persamaan regresi linear ganda tiga variabel yaitu . Besar sumbangan relatif (X1) = 71,014 %, (X2) = 22,812%, (X3) = 6,174% dan besar sumbangan efektif (X1) = 26,014 %, %, (X2) = 8,357%, (X3) = 2,261%.

References

Abdurahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Abu Ahmadi & Supriyono Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka.

Pudjiyogyanti, Clara R. (1985). Konsep Diri dalam Pendidikan. Jakarta: Arcan.

Sarwono, Sarlito W. (2006). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendeketan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2020-07-02

Issue

Section

Articles