HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA, LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH, DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22517Keywords:
Dukungan Teman Sebaya, Lingkungan Belajar di Rumah, Konsep Diri, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Hasil observasi di di salah satu MTs Negeri di Kota Yogyakarta ditemukan beberapa masalah pada siswa, yaitu sebagian siswa merasa tidak percaya diri dalam mengerjakan soal matematika, pergaulan kelompok teman sebaya belum sepenuhnya memberikan pengaruh baik dan kurannya pengaruh baik dari lingkungan belajar di rumah serta hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan siginifikan antara dukungan teman sebaya, lingkungan belajar di rumah, dan konsep diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di salah satu MTs Negeri di Kota Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu MTs Negeri di Kota Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 7 kelas yang berjumlah 233 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas dan diperoleh kelas VIII E yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode angket untuk memperoleh data dukungan teman sebaya, lingkungan belajar di rumah dan konsep diri sedangkan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya, lingkungan belajar di rumah, dan konsep diri dengan hasil belajar matematika, diperoleh Fhitung = 5,973 dan Ftabel = 2,891 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,6052 dan persamaan regresi linear ganda tiga variabel yaitu . Besar sumbangan relatif (X1) = 71,014 %, (X2) = 22,812%, (X3) = 6,174% dan besar sumbangan efektif (X1) = 26,014 %, %, (X2) = 8,357%, (X3) = 2,261%.
References
Abdurahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Abu Ahmadi & Supriyono Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka.
Pudjiyogyanti, Clara R. (1985). Konsep Diri dalam Pendidikan. Jakarta: Arcan.
Sarwono, Sarlito W. (2006). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendeketan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License