HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA

Authors

  • Septi Wulandari Universitas Ahmad Dahlan
  • siti Nur Rohmah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22515

Keywords:

Keaktifan, Kedisiplinan belajar, dan Hasil Belajar Matematika.

Abstract

Hasil belajar yang rendah berhubungan dengan banyak faktor. Keaktifan dan kedisiplinan belajar merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar matematika. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara keaktifan dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPS di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Kulonprogo Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Kulonprogo tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas yaitu XI IPA 1,XI IPA 2, XI IPS 1, XI IPS 2 dengan jumlah populasi sebanyak 87 siswa. Sampelnya kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang terdiri dari 47 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi untuk memperoleh data keaktifan, serta metode angket untuk memperoleh data kedisiplinan belajar dan juga metode tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Uji Instrumen penelitian dilakukan dengan uji validitas, uji daya beda dan uji reliabilitas. Teknik analisis data, untuk uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji indepedensi. Sedangkan untuk uji hipotesis, menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan uji analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPS Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Kulonprogo Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel yaitu . Dengan R = 0,5779 dan = 0,3340 dengan, dengan SR= 21,1133% dan SR= 78,8867% serta SE= 7,0519% dan SE= 26,3485%, dimana X1adalah keaktifan dan Xadalah kedisiplinan belajar.

References

Abdurrahman, Mulyono . (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hadi, Sutrisno. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta : Andi Offset.

Sudjana. (2003). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi bagi Para Peneliti. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

________. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sukmadinata , Nana Syaodih. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibin. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers

Downloads

Published

2020-07-01

Issue

Section

Articles