PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED-HEAD-TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22514Keywords:
Peningkatan, Tanggung Jawab, NHTAbstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul diketahui bahwa siswa memiliki tanggung jawab yang rendah terhadap materi pembelajaran yang diberikan oleh guru dikelas pada pembelajaran matematika yang terlihat dari seringnya siswa tidak membawa buku pelajaran, kecenderungan untuk mencontek jawaban teman dan siswa tidak memperhatikan guru saat menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number-Head-Together (NHT) di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C semester genap di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Objek pada penelitian ini adalah tanggung jawab belajar matematika siswa melalui model pembelajaran koopperatif tipe Number-Head-Together (NHT). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number-Head-Together (NHT) dapat meningkatkan tanggung jawab belajar matematika siswa kelas VII C di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan sebesar 18% sesuai dengan tiap-tiap indikator tanggung jawab siswa yang dari siklus pertama diperoleh presentase 62% dan meningkat pada siklus kedua mencapai 80%.
References
Budiyanto. (2016). Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (CTL). Malang: UMM Press
Hamzah, B. (2012).Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi. (2007). Evaluasi Program Penddikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Zubaidah, S. (2016). Ketrampilan Abad ke-21: Ketrampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran dalam http://www.researchgate.net/publication/318013627_Ketrampilan_Abad_Ke-21_Ketrampilan_Yang_Diajarkan_Melalui_Pembelajaran. diakses pada tanggal 08 Agustus 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License