HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR, KEAKTIFAN DALAM KEGIATAN KESISWAAN DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22513Keywords:
Minat, Keaktifan Siswa, Perhatian Orang Tua, dan Hasil Belajar.Abstract
Hasil belajar matematika siswa yang rendah berhubungan dengan beberapa faktor. Minat belajar matematika, keaktifan siswa dalam kegiatan kesiswaan dan perhatian orang tua merupakan beberapa faktor yang dimungkinkan berhubungan dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar matematika, keaktifan siswa dalam kegiatan kesiswaan dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018 . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018, berjumlah 69 siswa. Diperoleh kelas X IPS 3 sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data minat belajar matematika, keaktifan siswa dalam kegiatan kesiswaan, perhatian orang tua dan hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian yang dilakukan yaitu uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar matematika, keaktifan siswa dalam kegiatan kesiswaan dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung Ftabel yaitu > 3,100 dengan R = 0,755 dan R2 = 0,571.
References
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
________________. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undangan RI Nomer 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License