HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL, KONSEP DIRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22511Keywords:
Kemampuan Awal, Konsep Diri, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Belajar siswa dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Kemampuan awal, konsep diri, dan lingkungan keluarga merupakan beberapa faktor yang diduga dapat mempengaruhi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara kemampuan awal, konsep diri dan lingkungan keluarga dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII semester II di salah satu SMP Muhammadiyah di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di sekolah yang sama di tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, dan VIIE yang keseluruhan berjumlah 168 siswa. Diperoleh kelas VIIB yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk memperoleh data kemampuan awal, metode angket untuk memperoleh data konsep diri dan lingkungan keluarga, dan metode tes untuk hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan awal, konsep diri dan lingkungan keluarga dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII Di salah satu SMP Muhammadiyah di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh yaitu dengan dan dengan , dengan Sumbangan Relatif , Sumbangan Relatif dan Sumbangan Relatif , sedangkan Sumbangan Efektif , Sumbangan Efektif dan Sumbangan Efektif.
References
Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan Cetakan I. Jakarta: Bumi Aksara.
Hevriansyah, Prana, and Priarti Megawati. (2016). "Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika." JKPM 37 - 44.
Hurlock, Elizabeth B. (2001). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rieneka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License