PENGARUH JENIS KELAMIN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22508Keywords:
gaya belajar, hasil belajar matematika, jenis kelamin.Abstract
Pembelajaran dikatakan efektif apabila dapat merespon kebutuhan khusus siswa. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan individual pada siswa, diantaranya adalah perbedaan jenis kelamin dan perbedaan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika, (2) Mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) Mengetahui pengaruh interaksi jenis kelamin dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di kabupaten Bantul. Pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling terhadap kelas dan didapatkan kelas VIII A sebagai kelas sampel dan kelas VIII D sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas, daya pembeda, taraf kesukaran, dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh: (1) Nilai dan sehingga , artinya tidak ada pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. (2) Nilai dan sehingga, artinya tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) Nilai dan sehingga, artinya tidak ada pengaruh interaksi jenis kelamin dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika.
References
Baron, Robert A. dan Donn Byrne. (2004). Psikologi Sosial Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Budiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki (2005). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Gunawan, Adi W. (2004). Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Khoirunnisa, Nikki. (2016). Pengaruh Urutan Kelahiran dan Jenis Kelamin Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP AN-NUR Bululawang. (Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016). Diakses dari http://etheses.uin-malang.ac.id/4940/
Mufida, Siti Iva. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung. (Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung, 2013). Diakses dari http://repo.iain-tulungagung.ac.id/400/
Sari, Nuniek Pradita. (2013). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. (Skripsi, Universitas Ahmad Dahlah, 2013). Diakses dari http://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/64897/pengaruh-gaya-belajar-siswa-terhadap-prestasi-belajar-matematika-siswa-kelas-xi-sma-negeri-5-yogyakarta
Sugihartono, et al. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License