PENGARUH JENIS KELAMIN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Linda Nurhidayah Universitas Ahmad Dahlan
  • Uus Kusdinar Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22508

Keywords:

gaya belajar, hasil belajar matematika, jenis kelamin.

Abstract

Pembelajaran dikatakan efektif apabila dapat merespon kebutuhan khusus siswa. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan individual pada siswa, diantaranya adalah perbedaan jenis kelamin dan perbedaan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika, (2) Mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) Mengetahui pengaruh interaksi jenis kelamin dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di kabupaten Bantul. Pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling terhadap kelas dan didapatkan kelas VIII A sebagai kelas sampel dan kelas VIII D sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas, daya pembeda, taraf kesukaran, dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh: (1) Nilai dan sehingga , artinya tidak ada pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. (2) Nilai dan sehingga, artinya tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) Nilai dan sehingga, artinya tidak ada pengaruh interaksi jenis kelamin dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika.

References

Baron, Robert A. dan Donn Byrne. (2004). Psikologi Sosial Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Budiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki (2005). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Gunawan, Adi W. (2004). Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Khoirunnisa, Nikki. (2016). Pengaruh Urutan Kelahiran dan Jenis Kelamin Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP AN-NUR Bululawang. (Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016). Diakses dari http://etheses.uin-malang.ac.id/4940/

Mufida, Siti Iva. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung. (Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung, 2013). Diakses dari http://repo.iain-tulungagung.ac.id/400/

Sari, Nuniek Pradita. (2013). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. (Skripsi, Universitas Ahmad Dahlah, 2013). Diakses dari http://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/64897/pengaruh-gaya-belajar-siswa-terhadap-prestasi-belajar-matematika-siswa-kelas-xi-sma-negeri-5-yogyakarta

Sugihartono, et al. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Downloads

Published

2020-07-01

Issue

Section

Articles