PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22506Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Android, Sistem Persamaan Linear Tiga VariabelAbstract
Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika menggunakan perangkat smartphone berbasis android dapat menyajikan pembelajaran matematika lebih menarik, dapat mengalihkan perhatian siswa dalam menggunakan smartphone-nya dan dapat digunakan untuk pembelajaran individu atau mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android untuk materi sistem persamaan linear tiga variabel serta mengetahui tingkat kelayakannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, guru dan siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul. Objek dari penelitian ini adalah media pembelajaran matematika berbasis android dengan materi sistem persamaan linear tiga variabel. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika yang dikembangkan dari angket penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 53 dengan kategori baik. Hasil penilaian dari ahli media diperoleh skor rata-rata 57 dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian dari praktisi pembelajaran (guru) diperoleh skor rata-rata 76 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil penilaian respon siswa pada uji coba kelas kecil masuk ke dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 71,25. Kemudian pada uji produk mendapatkan skor rata-rata 71,37 dan masih masuk ke dalam kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyarta: Deepublish.
H., N. S. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Cendikia.
Prawiradilaga, D. S., & DKK. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta: Prenadamedia Group
Riyanto, S., Wijaya, H., & Soerojo, D. (2016). Selling Yourself: Menang Bersaing Di Era MEA. Bandung: Kaifa.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License