EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22504Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Pembelajaran matematika yang digunakan di sekolah jarang dikaitkan dengan masalah yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII semester genap Di salah satu SMP Negeri di kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian suluruh siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling terhadap kelas. Diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran kontekstual dan pada kelas kontrol dilaksanakan pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data berupa tes. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak. Berdasarkan hasil uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58 diperoleh thitung = 2,2174 dan ttabel = 2,0024, sehingga thitung > ttabel menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran kontekstual berbeda dengan hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran langsung. Dari uji-t satu pihak dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58 diperoleh thitung =2,2174 dan ttabel = 1,6719, sehingga thitung > ttabel menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran kontekstual lebih efektif daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran langsung.
References
Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran dan Pendidikan menengah. Jakarta: Depdiknas.
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar proses. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum. (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License