EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

Authors

  • Hensi Oktavia Universitas Ahmad Dahlan
  • Sunaryo Sunaryo Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22504

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Pembelajaran matematika yang digunakan di sekolah jarang dikaitkan dengan masalah yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII semester genap Di salah satu SMP Negeri di kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian suluruh siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling terhadap kelas. Diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran kontekstual dan pada kelas kontrol dilaksanakan pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data berupa tes. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak. Berdasarkan hasil uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58 diperoleh thitung = 2,2174 dan ttabel = 2,0024, sehingga thitung > ttabel menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran kontekstual berbeda dengan hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran langsung. Dari uji-t satu pihak dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58 diperoleh thitung =2,2174 dan ttabel = 1,6719, sehingga thitung > ttabel menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran kontekstual lebih efektif daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran langsung.

References

Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran dan Pendidikan menengah. Jakarta: Depdiknas.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar proses. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum. (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2020-07-01

Issue

Section

Articles