HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI DALAM KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22502Keywords:
minat belajar (X1), lingkungan belajar di dalam keluarga (X2), hasil belajar (Y).Abstract
Hasil belajar siswa yang rendah berhubungan dengan banyak faktor. Minat belajar dan lingkungan belajar di dalam keluarga merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan belajar di dalam keluarga dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul di Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul yang berjumlah 122 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII C sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji independen. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan belajar di dalam keluarga dengan hasil belajar matematika siswa. Dengan = 4,029 dan = 3,49, sehingga diperoleh > . Koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,536 dengan persamaan regresi linear . Besar sumbangan relatif = 51,229 % dan = 48,771 %. dengan koefisien determinasi gandanya ( sebesar 0,287 serta sumbangan efektif = 14,73 % dan = 14,007 %.
References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Psikologi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fuaddin, Fajar Nur. (2013). Hubungan Kebiasaan Belajar Matematika dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Srandakan Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Restianoa, Dilla. (2015). Hubungan Minat Belajar, Kreativitas Belajar, dan Interaksi Teman Sebaya Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Karangkajen Tahun Ajaran 2016/2017. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License