HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI DALAM KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Hanifah Lina Azzarah Universitas Ahmad Dahlan
  • Suparyan Suparyan Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22502

Keywords:

minat belajar (X1), lingkungan belajar di dalam keluarga (X2), hasil belajar (Y).

Abstract

Hasil belajar siswa yang rendah berhubungan dengan banyak faktor. Minat belajar dan lingkungan belajar di dalam keluarga merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan belajar di dalam keluarga dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul di Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul yang berjumlah 122 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII C sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji independen. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan belajar di dalam keluarga dengan hasil belajar matematika siswa. Dengan = 4,029 dan = 3,49, sehingga diperoleh > . Koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,536 dengan persamaan regresi linear . Besar sumbangan relatif = 51,229 % dan = 48,771 %. dengan koefisien determinasi gandanya ( sebesar 0,287 serta sumbangan efektif = 14,73 % dan = 14,007 %.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Psikologi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fuaddin, Fajar Nur. (2013). Hubungan Kebiasaan Belajar Matematika dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Srandakan Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Restianoa, Dilla. (2015). Hubungan Minat Belajar, Kreativitas Belajar, dan Interaksi Teman Sebaya Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Karangkajen Tahun Ajaran 2016/2017. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-07-01

Issue

Section

Articles