PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22500Keywords:
Peningkatan, Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament, Kepercayaan DiriAbstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kepercayaan diri siswa kelas VII di salah satu MTs Muhammadiyah di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018 dalam mata pelajaran matematika masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) kelas VII Di salah satu MTs Muhammadiyah di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VII B di salah satu MTs Muhammadiyah di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan catatan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa kelas VII B di salah satu MTs Muhammadiyah di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018 mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Peningkatan kepercayaan diri ditunjukkan oleh peningkatan setiap indikator kepercayaan diri siswa serta nilai rata-rata kelas. Indikator percaya pada kemampuan sendiri yang dimiliki siswa adalah 60,49% (cukup) menjadi 66,82% (tinggi), indikator bertindak mandiri dalam mengambil keputusan yang dimiliki oleh siswa adalah 58,80% (cukup) menjadi 67,59% (tinggi), indikator memiliki konsep diri yang positif pada siswa sebesar 60,19% (cukup) menjadi 71,45% (tinggi), dan indikator berani mengungkapkan pendapat yang dimiliki oleh siswa sebesar 58,33% (cukup) menjadi 68,39% (tinggi). Sedangkan untuk nilai rata-rata kelas dari siklus I sebesar 59,41% (cukup) menjadi 68,56% (tinggi) pada siklus II.References
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. (2011). Strategi Balajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Hendriana, Heris, dkk. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Ibrahim dan Suparni. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.
Kadi, A, (2016). Hubungan Kepercayaan Diri dan Self Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Psikologi 2013. E-Journal Psikologi. Diakses pada 20 Januari 2018 http://ejournal.psikologi.fisipunmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2016/06/eJournal%20Arie%20Prima%20 (ONLINE)%20(06-09-16-12-55-20).pdf.
KBBI Daring. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses 12 November 2017. http://kbbi.kemendikbud.go.id/entri/pendidikan.
Mulyasa. (2013). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Satria, Ase. (2018). Pengertian, Pembelajaran Matematika Menurut Ahli/Pakar. Diakses pada 22 januari 2018 http://www.materibelajar.id/2016/10/pengertian-pembelajaran-matematika.html.
Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Nurulita. Bandung: Nusa Media.
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Taniredja, dkk. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Thobroni. (2015). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License