HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22499Keywords:
Fasilitas Belajar, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII Di salah satu MTs Negeri di Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu MTs Negeri di Kabupaten Ngawi semester genap tahun ajaran 2017/2018, yang keseluruhan berjumlah 272 siswa dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling terhadap kelas diperoleh kelas VII D. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data fasilitas belajar dan kebiasaan belajar serta metode tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII semester genap Di salah satu MTs Negeri di Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2017/2018.
References
Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gie, The Liang. (2002). Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.
Nasution, S. (1988). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2014). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling (Study & Karir). Yogyakarta : Andi offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License