HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

Authors

  • Desi Lindawati Universitas Ahmad Dahlan
  • Uus Kusdinar Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22498

Keywords:

Minat Belajar, Kemandirian Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Matematika.

Abstract

Rendahnya hasil belajar dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya minat belajar siswa, kemandirian belajar siswa yang masih rendah dan kemampuan berpikir kritis siswa yang masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII semester genap di Di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID dan VIIE yang keseluruhan berjumlah 160 siswa. Kelas VIIA sebagai kelas sampel penelitian yang diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas dan kelas VII E sebagai kelas uji coba. Instrumen penelitian menggunakan tes dan non-tes. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data minat belajar dan kemandirian belajar, serta metode tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan =3,0923 dan =2,95 sehingga , dengan koefisien korelasi ganda R=0,4988 dan =0,2488 dengan persamaan regresi ganda tiga variabel =5,55+0,21 +0,37 +0,29. Besar sumbangan relatif =14, =44,1 , =41,9 serta sumbangan efektif =3,48, =10,98 dan =10,43.

References

Chrissanti, M & Djamilah, B. W. (2015).Keefektifan pendekatan metakognitif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan minat belajar matematika. Jurnal riset pendidikan matematika.vol.2 No.1, http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index.

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang No.20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan

Downloads

Published

2020-07-01

Issue

Section

Articles