HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22498Keywords:
Minat Belajar, Kemandirian Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Matematika.Abstract
Rendahnya hasil belajar dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya minat belajar siswa, kemandirian belajar siswa yang masih rendah dan kemampuan berpikir kritis siswa yang masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII semester genap di Di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID dan VIIE yang keseluruhan berjumlah 160 siswa. Kelas VIIA sebagai kelas sampel penelitian yang diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas dan kelas VII E sebagai kelas uji coba. Instrumen penelitian menggunakan tes dan non-tes. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data minat belajar dan kemandirian belajar, serta metode tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan =3,0923 dan =2,95 sehingga , dengan koefisien korelasi ganda R=0,4988 dan =0,2488 dengan persamaan regresi ganda tiga variabel =5,55+0,21 +0,37 +0,29. Besar sumbangan relatif =14, =44,1 , =41,9 serta sumbangan efektif =3,48, =10,98 dan =10,43.
References
Chrissanti, M & Djamilah, B. W. (2015).Keefektifan pendekatan metakognitif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan minat belajar matematika. Jurnal riset pendidikan matematika.vol.2 No.1, http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang No.20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License