HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22496Keywords:
Aktivitas Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini didasari pada kurangnya aktivitas belajar dan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas MIPA1, MIPA2, MIPA3, MIPA4, dan MIPA5 yang keseluruhan berjumlah 161 siswa. Diperoleh kelas MIPA 3 sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk memperoleh data aktivitas belajar, serta metode tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian yang dilakukan yaitu uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018.
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Maya, Adhiawati. 2014.Pengaruh pembelajaraan kooperatif mind mapping terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License