PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22495Keywords:
Penemuan Terbimbing, Pemahaman Konsep, MatematikaAbstract
Pemahaman konsep siswa kelas X MIPA 4 Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing di kelas X MIPA 4 Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data ini berupa observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, lembar tes, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika siswa kelas X MIPA 4 Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes pemahaman konsep siklus I dan siklus II, pada siklus I hanya 15 siswa yang tuntas tes pemahaman konsep dengan persentase 55,5% dengan kriteria cukup sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa dengan persentase 93,55% dengan kriteria sangat tinggi.
References
Aminudin, Rusmin. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Palu Pada Materi Hubugan Sudut Dalam dan Sudut Luar Segitiga. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), hlm. 101-114.
Slameto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Eggen, Paul dan Don Kauchak. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Ketrampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.
Ertikanto, Chandra. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Markaban, (2008). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Murizal, Angga, Yarman, dan Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematika dan Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), Hlm 19- 23.
Penyusun, T. (2014). Permendikbud RI Nomor 59 Tahun 2014. Jakarta: Depdiknas.
Purwaningsih, Ayu dan Ariyanto. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Siswa SMP Kelas VII. Prosiding Konferensii Nasional Penelitian Matematka dan Pembelajarannya (KPMP I), hlm. 402-411.
Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Soemanto, Wasty. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License