HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22494Keywords:
self efficacy, lingkungan belajar di sekolah, hasil belajar matematika.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya self-efficacy dari diri siswa, lingkungan belajar di sekolah yang kurang kondusif, dan rendahnya hasil belajar siswa kelas VII di salah satu SMP PGRI di Kabupaten Kebumen. Self-efficacy dan lingkungan belajar di sekolah diduga merupakan faktor yang berhubungan dengan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dan lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII di salah satu SMP PGRI di Kabupaten Kebumen semester genap tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu SMP PGRI di Kabupaten Kebumen semester genap tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 105 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik random sampling terhadap kelas dan kelas VII B terpilih sebagai kelas sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket self efficacy, angket lingkungan belajar di sekolah dan butir soal belajar matematika. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji daya beda. Untuk uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji independensi, dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di salah satu SMP PGRI di Kabupaten Kebumen semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan Fhitung = 4,651919497 > Ftabel = 3,4221. Persamaan regresi ganda dua variabel yaitu , dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,536665929, koefisien determinasi sebesar 0,288010320, %.
References
Hamalik. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mukhid, & Abd. (2009). Self Efficacy: Perspektif teori Kognitif Sosial dan Implikasi terhadap Pendidikan. Tadris, 106-122.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi . Jakarta: Rineka Cipta.
Suciningtyas, E. (2015). Hubungan antara Self-efficacy dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Winda, S. (2014). Hubungan antara Kedisiplinan, Lingkungan Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skipsi. Yogyakarta: UAD.
Yoenanto, N. H. (2010). Hubungan antara Self-regulated Learning dengan Self-efficacy pada Siswa Akselerasi Sekolah Menengah Pertama di Jawa Timur. Insan Vol 12 No 02, 88-93.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License