KESALAHAN SISWA SMK JURUSAN BUSANA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22492Keywords:
Kesalahan siswa, Operasi Bilangan BerpangkatAbstract
Dalam belajar matematika yang terpenting adalah seberapa besar kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah matematika. Dengan adanya kesulitan siswa terjadilah kesalahan siswa baik dalam belajar maupun dalam menyelesaikan soal-soal bilangan berpangkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan banyaknya siswa kelas SMK Jurusan Busana yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal terkait materi bilangan berpangkat ditinjau dari empat aspek kesalahan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan fakta, kesalahan operasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Busana di salah satu SMK Negeri di Bantul. Objek penelitian adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal uraian materi operasi bilangan berpangkat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan wawancara. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan berupa: kesalahan fakta (3,09% siswa), konsep (30,2% siswa), operasi (25,9% siswa), dan prinsip (3,4% siswa). Beberapa faktor penyebab kesalahan siswa yaitu siswa beranggapan proses tidak diberi langkah, tidak paham maksud soal, tidak teliti, terburu-buru, tidak fokus, belum memahami operasi bilangan berpangkat, belum memahami cara mengubah bentuk pecahan menjadi pangkat, dan belum memahami sifat eksponen bilangan berpangkat.
References
Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Ambarwati, Dara Juwita. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Salatiga Tahun 2013/2014. Diakses http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/5005/1/T1_202010154_Judul.pdf pada tanggal 14 Mei 2018.
Anwar, Zakiyah. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Siswa VII SMP Negeri 6 Kota Sorong. Jurnal Noken : Ilmu-ilmu Sosial. Vol 2 No 1.
Febriyani, Dyah Veronica. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Bilangan Berpangkat Pada Siswa Kelas X SMK KANISIUS 1 PAKEM Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta : USD.
Ibrahim dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta : Suka Press.
Miles, Matthew B and A. Michael Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta : UI-Press.
Lestari, Puji. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika SMA Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat dan Akar. JISIP, Vol. 2 No.1.
Shadiq, Fajar. 2014. Pembelajaran matematika. Yogyakarta : Graha ilmu.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung : JICA.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dikti Depdiknas
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License