PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas XI SMK YADIKA Kabupaten Cirebon)

Authors

  • Sucipto Ismanda Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Laelasari Laelasari Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i1.20614

Keywords:

Model Pembelajaran Koopertif Tipe GI, Kreativitas Siswa, Saran

Abstract

Fokus utama dalam  penelitian  ini  adalah  upaya  meningkatkan  kreativitas matematis siswa dimana yang diteliti adalah beberapa hal berikut yaitu,  respon  siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran koopertaifi tipe GI pada materi dimensi dua, kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe GI, serta aktivitas siswa dalam pembelajaran koopertif tipe GI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri  dari  3  siklus,  setiap  siklus terdiri dari tahap perencanaan,  implementasi  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ 01 SMK YADIKA , dengan jumlah siswa sebanyak 47 siswa. Berdasarkan hasil temuan penelitian pada analisis respon siswa, diperoleh sebagian besar siswa menyampaikan kesan    positif    terhadap    pembelajaran    matematika    dengan   menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Pada aspek kreativitas hasil belajar  matematis menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 70,40, siklus II sebesar 75,34 dan siklus III sebesar 80,21. Hal ini juga diperkuat oleh rata-rata indeks gain antar siklus dengan kriteria sedang. Dan dari hasil indikator kreativitas siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya.

Author Biography

Sucipto Ismanda, Universitas Swadaya Gunung Jati

pendidikan matematika dan ipa

Downloads

Published

2022-03-01

Issue

Section

Articles