PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA RELASI FUNGSI MODEL CRH SMP NEGERI KOTA CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i2.14488Keywords:
Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model Pembelajaran CRHAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman materi pada siswa saat kegiatan belajar berlangsung di salah satu SMP Negeri di kota CIrebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan observasi serta lembar aktivitas siswa, pretest-posttest yaitu dengan memberikan soal sebelum diberi perlakuan dan diberi soal lagi setelah diberi perlakuan, dan untuk mengetahui hasil aktivitas siswa diberi lembar aktivitas siswa. Subyek yang diteliti adalah kelas VIII I (8i) berjumlah 33 siswa dengan model pembelajaran CRH. Hasil penelitian ini adalah yang mengikuti pembelajaran Matematika pada materi relasi dan fungsi terdapat 8 siswa dipresentasikan 35.5 % yang mendapatkan nilai sempurna, ada 7 dipresentasikan 32.3 % siswa yang mendapatkan nilai amat baik, 5 siswa dipresentasikan 3.2 % yang mendapatkan nilai baik dan 9 siswa atau 29 % yang mendapatkan nilai kurang. Namun dalam kelas ini siswa semua dapat memahami konsep dari materi relasi dan fungsi dikarenakan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai amat kurang atau tidak mendapatkan nilai sama sekali. Nilai rata rata keseluruhan adalah 78.06 dan berada pada kualifikasi baik. Maka dapat diterima yaitu rata-rata hasil belajar matematika kelas VIIIi dengan menggunakan model pembelajaran CRH lebih dari KKM.
References
Rully Brasmasti, Kamus Matematika (Cet I;Jakarta: Aksara Sinergi Media, 2012) h. 110
Djamarah, Bahri, Syaiful. Zain, Aswan. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta
Hanafiah, & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar – Ruzz Media
Mustika, Juitaning. 2016. UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH). Volume 2 No. 2. Hlm. 224-232. Jurnal : e-DuMath
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License