ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UINSU MEDAN TERHADAP MATERI GRUP PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR

Authors

  • Abdullah Afdhol Richsan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sumatera Utara
  • Dilla Safera Siregar Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sumatera Utara
  • Siti Maysarah Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i1.22417

Keywords:

pemahaman konsep, konsep grup, kemampuan matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual mahasiswa pendidikan matematika terhadap materi grup pada mata kuliah struktur aljabar. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari mahasiswa pendidikan matematika semester 5 yang telah mempelajari materi grup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara dengan mempertimbangkan indikator pemahaman konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata indikator pemahaman konseptual mahasiswa terhadap materi grup berada pada tingkat menengah. Kemudian dinyatakan bahwa mahasiswa dengan kemampuan matematis yang tinggi akan memiliki pemahaman konseptual yang baik, sedangkan mahasiswa dengan kemampuan matematis yang rendah tidak memiliki pemahaman konseptual yang baik.

References

Amalia, S. R., & Widodo, A. N. A. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA MELALUI MODEL PBL BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI KEPRIBADIAN TOPOLOGI HIPPOCRATES DAN GALENUS TIPE CHOLEARIS DAN PHLEGMANTIS. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 1-10. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2467

Ambarwati, M. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Strategi Think Talk Write (TTW). Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 239-246. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.256

Amir, A. (2015). Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Sains, 3(1).

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, H. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Edukasi, 14, 169-178.

Darminto, B. P. (2009). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aljabar dan Sikap Mahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Pembelajaran Berbasis Komputer. Makalah Dipresentasikan Dalam Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran Dan Terapannya. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta. Dapat Diakses Online Pada: Https://Eprints.Uny.Ac.Id/7426/.

Darminto, B. P. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Treffinger. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 101-107. https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2476

Fadillah, S., & Jamilah. (2016). DEVELOPING ALGEBRAIC STRUCTURE TEACHING MATERIALS TO IMPROVE STUDENTS MATHEMATICAL PROOF ABILITY. Cakrawala Pendidikan, XXXV(1), 106-113.

Faizah, H. (2019). Profil Pemahaman Konseptual Mahasiswa Calon Guru Matematika tentang Grup Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 84-97. https://doi.org/10.24815/jdm.v%vi%i.13914

Fitria, A. (2014). MISKONSEPSI MAHASISWA DALAM MENENTUKAN GRUP PADA STRUKTUR ALJABAR MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA IAIN ANTASARI. JPM IAIN Antasari, 1(2), 45-60.

Haji, S. (2014). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep melalui pembelajaran matematika concept-rich. Makalah Disajikan Dalam Seminar Pendidikan Matematika Program Studi Pascasarjana (S2) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu 2014. Dapat Diakses Online Pada: Http://Repository.Unib.Ac.Id/7188/.

Hamalik, O. (2000). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayu, E., Linna, R., Maimunah, & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Perbandingan. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 9(1), 11-20.

Listiawati, E. (2015). PEMAHAMAN MAHASISWA CALON GURU PADA KONSEP GRUP. Jurnal APOTEMA, 1(2), 76-86.

Maysarah, S. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MS. EXCEL DI KELAS XI SMA ASY-SYAFIIYAH INTERNASIONAL MEDAN. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 6(2), 25-35.

Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Rubowo, M. R., Purwosetiyono, FX. D., & Wulandari, D. (2017). PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA TENTANG RING PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR 2 DITINJAU DARI PEMIKIRAN KREATIF PADA SISWA KELOMPOK ATAS. Jurnal Silogisme, 2(2), 69-73. http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA: Perkembangan kompetensi guru. Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

2021-06-21

Issue

Section

Articles