ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UINSU MEDAN TERHADAP MATERI GRUP PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i1.22417Keywords:
pemahaman konsep, konsep grup, kemampuan matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual mahasiswa pendidikan matematika terhadap materi grup pada mata kuliah struktur aljabar. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari mahasiswa pendidikan matematika semester 5 yang telah mempelajari materi grup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara dengan mempertimbangkan indikator pemahaman konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata indikator pemahaman konseptual mahasiswa terhadap materi grup berada pada tingkat menengah. Kemudian dinyatakan bahwa mahasiswa dengan kemampuan matematis yang tinggi akan memiliki pemahaman konseptual yang baik, sedangkan mahasiswa dengan kemampuan matematis yang rendah tidak memiliki pemahaman konseptual yang baik.
References
Amalia, S. R., & Widodo, A. N. A. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA MELALUI MODEL PBL BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI KEPRIBADIAN TOPOLOGI HIPPOCRATES DAN GALENUS TIPE CHOLEARIS DAN PHLEGMANTIS. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 1-10. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2467
Ambarwati, M. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Strategi Think Talk Write (TTW). Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 239-246. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.256
Amir, A. (2015). Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Sains, 3(1).
Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, H. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Edukasi, 14, 169-178.
Darminto, B. P. (2009). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aljabar dan Sikap Mahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Pembelajaran Berbasis Komputer. Makalah Dipresentasikan Dalam Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran Dan Terapannya. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta. Dapat Diakses Online Pada: Https://Eprints.Uny.Ac.Id/7426/.
Darminto, B. P. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Treffinger. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 101-107. https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2476
Fadillah, S., & Jamilah. (2016). DEVELOPING ALGEBRAIC STRUCTURE TEACHING MATERIALS TO IMPROVE STUDENTS MATHEMATICAL PROOF ABILITY. Cakrawala Pendidikan, XXXV(1), 106-113.
Faizah, H. (2019). Profil Pemahaman Konseptual Mahasiswa Calon Guru Matematika tentang Grup Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 84-97. https://doi.org/10.24815/jdm.v%vi%i.13914
Fitria, A. (2014). MISKONSEPSI MAHASISWA DALAM MENENTUKAN GRUP PADA STRUKTUR ALJABAR MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA IAIN ANTASARI. JPM IAIN Antasari, 1(2), 45-60.
Haji, S. (2014). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep melalui pembelajaran matematika concept-rich. Makalah Disajikan Dalam Seminar Pendidikan Matematika Program Studi Pascasarjana (S2) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu 2014. Dapat Diakses Online Pada: Http://Repository.Unib.Ac.Id/7188/.
Hamalik, O. (2000). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hayu, E., Linna, R., Maimunah, & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Perbandingan. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 9(1), 11-20.
Listiawati, E. (2015). PEMAHAMAN MAHASISWA CALON GURU PADA KONSEP GRUP. Jurnal APOTEMA, 1(2), 76-86.
Maysarah, S. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MS. EXCEL DI KELAS XI SMA ASY-SYAFIIYAH INTERNASIONAL MEDAN. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 6(2), 25-35.
Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.
Rubowo, M. R., Purwosetiyono, FX. D., & Wulandari, D. (2017). PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA TENTANG RING PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR 2 DITINJAU DARI PEMIKIRAN KREATIF PADA SISWA KELOMPOK ATAS. Jurnal Silogisme, 2(2), 69-73. http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme.
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA: Perkembangan kompetensi guru. Bandung: Tarsito.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.