MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL MATERI NILAI MUTLAK

Authors

  • Ade Marganda UIN Raden Intan Lampung
  • Netriwati Netriwati
  • Siska Andriani

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i1.15603

Keywords:

pendidikan matematika, pengembangan e-modul, nilai mutlak

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-Modul pada mata kuliah analisis real materi nilai mutlak dengan menggunakan e-modul dapat memperoleh informasi tanpa banyak membuang waktu dan bisa dibawa kemana-mana agar tercapai pembelajaran yang efektif dan menarik. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan matematika UIN Raden Intan Lampung. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, angket, dan tes. Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli materi terhadap e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,52 dari rata-rata skor tertinggi 4.00. Penilaian ahli media terhadap e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,50. Pada uji coba skala kecil yang diikuti oleh 10 mahasiswa memperoleh skor rata-rata 3,46 dari skor tertinggi dengan rata-rata 4.00 berdasarkan hasil dari angket respon yang telah diisi oleh mahasiswa, hasil ini menempatkan e-modul pada kriteria sangat menarik. Pada uji coba lapangan skala besar yang diikuti oleh 30 mahasiswa skor rata-rata kemenarikan yang diperoleh yaitu 3,51 sangat menarik. Kualitas keefektifan produk dilihat dari tes hasil belajar. Hasil penelitian dan pengolahan data menggunakan uji effect size dengan hasil 0,71 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbantuan software 3D PageFlip Professional pada mata kuliah analisis real materi nilai mutlak layak dan efektif untuk dijadikan alat bantu pembelajaran.

References

Abidin, Zainal, and Sikky El Walida, 2017, Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Creative, Active, Systematic, Effective) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar Dan Kompetensi Mahasiswa, Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya

Aini, Asro Nur, Bambang Sri Anggoro, and Fredi Ganda Putra, 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Transportasi Berbantuan Sparkol, UNION : Jurnal Pendidikan Matematika

Darmawan, D, 2012. Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

JH, Taufik Solihudin, 2018, Pengembangan E-Modul Berbasis WEB Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis SMA, Jurnal Wahana Pendidikan Fisika

Pujiriyanto, 2012, Teknologi Untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press

Saputro, Titon Agung, Kriswandani, and Novisita Ratu, 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII, Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika

Shanley, L. (2016), Evaluating Longitudinal Mathematic Achievement Growth: Modeling and Measurement Considerations for Assessing Academic Progress,. Educational Researcher

Ula, Iin Rahmatul, and Abi Fadila, 2018, Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP, Desimal: Jurnal Matematika

Yaqin, Ainul, and Rochmawati, 2017, Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Pendukung Bahan Ajar Pada Materi Pph Pasal 21, Jurnal Pendidikan Akuntansi

Downloads

Published

2021-06-20

Issue

Section

Articles