MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL MATERI NILAI MUTLAK
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i1.15603Keywords:
pendidikan matematika, pengembangan e-modul, nilai mutlakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-Modul pada mata kuliah analisis real materi nilai mutlak dengan menggunakan e-modul dapat memperoleh informasi tanpa banyak membuang waktu dan bisa dibawa kemana-mana agar tercapai pembelajaran yang efektif dan menarik. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan matematika UIN Raden Intan Lampung. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, angket, dan tes. Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli materi terhadap e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,52 dari rata-rata skor tertinggi 4.00. Penilaian ahli media terhadap e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,50. Pada uji coba skala kecil yang diikuti oleh 10 mahasiswa memperoleh skor rata-rata 3,46 dari skor tertinggi dengan rata-rata 4.00 berdasarkan hasil dari angket respon yang telah diisi oleh mahasiswa, hasil ini menempatkan e-modul pada kriteria sangat menarik. Pada uji coba lapangan skala besar yang diikuti oleh 30 mahasiswa skor rata-rata kemenarikan yang diperoleh yaitu 3,51 sangat menarik. Kualitas keefektifan produk dilihat dari tes hasil belajar. Hasil penelitian dan pengolahan data menggunakan uji effect size dengan hasil 0,71 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbantuan software 3D PageFlip Professional pada mata kuliah analisis real materi nilai mutlak layak dan efektif untuk dijadikan alat bantu pembelajaran.
References
Abidin, Zainal, and Sikky El Walida, 2017, Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Creative, Active, Systematic, Effective) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar Dan Kompetensi Mahasiswa, Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya
Aini, Asro Nur, Bambang Sri Anggoro, and Fredi Ganda Putra, 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Transportasi Berbantuan Sparkol, UNION : Jurnal Pendidikan Matematika
Darmawan, D, 2012. Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
JH, Taufik Solihudin, 2018, Pengembangan E-Modul Berbasis WEB Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis SMA, Jurnal Wahana Pendidikan Fisika
Pujiriyanto, 2012, Teknologi Untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press
Saputro, Titon Agung, Kriswandani, and Novisita Ratu, 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII, Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika
Shanley, L. (2016), Evaluating Longitudinal Mathematic Achievement Growth: Modeling and Measurement Considerations for Assessing Academic Progress,. Educational Researcher
Ula, Iin Rahmatul, and Abi Fadila, 2018, Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP, Desimal: Jurnal Matematika
Yaqin, Ainul, and Rochmawati, 2017, Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Pendukung Bahan Ajar Pada Materi Pph Pasal 21, Jurnal Pendidikan Akuntansi
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.