ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI KELAS INKLUSI SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v9i2.15044Keywords:
ABK, pembelajaran matematika, Pendidikan inklusi, sekolah inklusi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus yang melibatkan persiapan guru sebelum proses pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi selama proses pembelajaran matematika di kelas inklusif SMA Negeri 10 Kota Ternate. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru matematika di kelas inklusif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa hal adalah sebagai berikut: (1) Sebelum proses pembelajaran matematika berlangsung, subjek menyiapkan rencana pelajaran, silabus, media dan sumber belajar namun masih belum ada yang spesifik untuk siswa berkebutuhan khusus, (2) Subjek mempersiapkan siswa secara psikologis dan fisik, mengajukan pertanyaan pengantar dan mengulang konsep matematika dasar. Subjek membentuk kelompok yang menggabungkan siswa berkebutuhan khusus dan siswa normal dalam satu kelompok, (3) Subjek mengambil inisiatif untuk bertanya langsung kepada siswa berkebutuhan khusus bagian mana dari materi yang belum dipahami.
References
Budyartati, S, 2014, Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar Ed 1, Yogyakarta: Deep Publish.
Cahya, L, S, 2014, Adakah ABK di Kelasku, Bagaimana Guru Mengenali ABK di Sekolah, Yogyakarta: Dianda Kreatif.
Hadi, F, R, 2014, Analisis Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learners Di Kelas Inklusi (Penelitian Dilakukan di SD Al Firdaus Surakarta) Doctoral dissertation, UNS (eprints.uns.ac.id/21550/).
Hermanto, H, 2008, Kemampuan guru dalam melakukan identifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusi, Yogyakarta:Yogyakarta State University.
Irawan, A., Febriyanti, C. 2018, Pembelajaran Matematika pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi J. Medives J. Math. Educ. IKIP Veteran Semarang 2(1):99.
Rahmawati, F., Sujadi, I., Subanti, S, 2016, Analisis Proses Pembelajaran Matematika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita pada Materi Peluang di Kelas Inklusi SMA Al Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Matematika-S.851502008-2016
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.