PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN HIMPUNAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v10i1.14283Keywords:
Pendidikan Matematika, Himpunan, Perangkat PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran himpunan dengan pendekatan Matematika Realistik berorientasi pendidikan karakter pada siswa jenjang SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang mengacu pada model Plomp (Plomp, 2013) yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pembuatan prototype (prototyping phase), fase penilaian (assessment phase). Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 1 Denpasar dengan populasi 191 siswa dari lima kelas yang ada Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Buku Petunjuk Guru dan Buku Siswa. Perangkat ini dimaksudkan untuk mendukung implementasi pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar. Untuk menjamin kualitas perangkat yag dihasilkan, kita lakukan uji / test utnuk aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan analisis data dapat kita simpulkan, perangkat yang dihasikan memiliki kualitas berikut: 1) buku siswa valid dengan rata-rata nilai 3,175 maka dari itu dapat dinyatakan valid dan buku guru valid dengan rata-rata nilai 3,128 dinyatakan valid. 2) angket respon siswa terhadap buku siswa, angket respon guru terhadap buku guru, dan pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dapat dinyatakan praktis. 3) Tes hasil belajar siswa dan instrumen sikap kerja keras tergolong dalam kategori sangat baik.
References
Ahmad Susanto, 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Ahmadi, A., 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Djamarah, S. B., 2003. Psikologi Belajar. Jakarta :Rineka Cipta.
Dwiyana. 2015. Realistic Mathematics Learning Using Cooperative Model in Junior High School. (online). (www.iiste.org, Home, Vol. 6, No. 29 (2015)). Diakses 28Juli 2016.
Haryati, S., 2017. Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. TersediaSecara Online Http : lib Untidar Ac Idwp-ContentuploadsDiaksesBdg. Indonesia. 17 Maret 2017.
Plomp. 2013. Educational Design Research. Enschede, Netherland: National Institute for Curriculum Development.
Rochmad, 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika hal 3.
Sadra, 2007. Pengembangan model pembelajaran matematika berwawasan lingkungan dalam pelatihan guru kelas I SD. Univ. Negeri Surabaya.
Tanjungsari, R. D., 2011. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Pada Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kertanegara Kabupaten Tahun Ajaran 2011/2012. Univ. Negeri Semarang.
Trianto, 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Kencana Prenada Media Grup.
Widoyoko, S. Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran hal 16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.