Prokrastinasi akademik dan flow akademik dengan stres akademik pada mahasiswa

Andrea Nuzulia, Nurul Hidayah

Abstract


Salah satu masalah yang terjadi dalam lingkup akademik yaitu stres akademik. Oleh sebab itu, penting bagi mahasiswa mengetahui faktor apa saja yang dapat dioptimalkan agar dapat mengatasi stres akademik untuk meminimalisir dampak terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara prokrastinasi akademik dan flow akademik dengan stres akademik pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu skala stres akademik, skala prokrastinasi akademik dan skala flow akademik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, dengan jumlah subjek 263 mahasiswa. Analisis data menggunakan teknik regresi berganda dengan SPSS versi 25 for windows. Hasil menunjukkan nilai R=0,466 dengan sig.=0,000 (p<0,01) artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara prokrastinasi akademik dan flow akademik dengan stres akademik. Prokrastinasi akademik dan stres akademik menunjukkan nilai r=0,153 dengan sig.=0,013 (p<0,05) artinya ada hubungan yang signifikan antara prokrastinasi akademik dengan stres akademk. Flow akademik dan stres akademik menunjukkan nilai r=-0,224 dengan sig.=0,000 (p<0,01) artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara flow akademik dengan stres akademk. Sumbangan efektif semua prediktor terhadap kriterium sebesar 19,9%. Prokrastinasi akademik terhadap stres akademik=7,682% dan flow akademik terhadap stres akademi 12,211%. Hasil kategorisasi menunjukkan mayoritas responden memiliki tingkat prokrastinasi akademik, flow akademik dan stres akademik dalam kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara prokrastinasi akademik dan flow akademik dengan stres akademik pada mahasiswa, ada hubungan positif yang signfiikan antara prokrastinasi akademik dengan stres akademik pada mahasiswa serta ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara flow akademik dengan dengan stres akademik pada mahasiswa.


Keywords


flow akademik; prokrastinasi akademik; stres akademik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jptp.v4i2.24455

Copyright (c) 2022 Andrea Nuzulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 


Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Email: jptp@psy.uad.ac.id


e-ISSN: 2715-2456


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats