Stres akademik pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa

Authors

  • Luthfi Rahman Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala
  • Asri Ananda Putri Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala
  • Mhd. Fikri Ramadhan Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala
  • Siti Muntiah Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala
  • Marty Mawarpury Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.26555/jptp.v3i2.22121

Keywords:

covid-19, mahasiswa, pembelajaran daring, stres

Abstract

Sektor pendidikan merupakan salah satu yang terdampak Pandemi Covid-19. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah menginstruksikan Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dalam skema dalam jaringan (online) yang dinilai menjadi solusi efektif untuk menunjang pembelajaran ditengah pandemi. Namun, sejumlah tantangan yang dihadapi mahasiswa selama pembelajaran daring menyebabkan tekanan psikologis, seperti stres akademik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres mahasiswa selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, menggunakan skala academic stress inventory dalam pengumpulan data terhadap 100 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring melalui teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 91% mahasiswa memiliki tingkat stres akademik dalam kategori sedang selama mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, sedangkan sebanyak 8% dalam kategori tinggi dan hanya sebanyak 1% yang mengalami stres akademik dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara dominan mahasiswa mengalami stres, namun pada tataran yang cukup ringan (sedang).

Downloads

Published

2021-11-24

Issue

Section

Articles