Stres akademik pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa

Luthfi Rahman, Asri Ananda Putri, Mhd. Fikri Ramadhan, Siti Muntiah, Marty Mawarpury

Abstract


Sektor pendidikan merupakan salah satu yang terdampak Pandemi Covid-19. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah menginstruksikan Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dalam skema dalam jaringan (online) yang dinilai menjadi solusi efektif untuk menunjang pembelajaran ditengah pandemi. Namun, sejumlah tantangan yang dihadapi mahasiswa selama pembelajaran daring menyebabkan tekanan psikologis, seperti stres akademik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres mahasiswa selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, menggunakan skala academic stress inventory dalam pengumpulan data terhadap 100 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring melalui teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 91% mahasiswa memiliki tingkat stres akademik dalam kategori sedang selama mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, sedangkan sebanyak 8% dalam kategori tinggi dan hanya sebanyak 1% yang mengalami stres akademik dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara dominan mahasiswa mengalami stres, namun pada tataran yang cukup ringan (sedang).


Keywords


covid-19; mahasiswa; pembelajaran daring; stres

Full Text:

PDF

References


Ally, M. (2004). Foundations of educational theory for online learning. In Terry (Ed.), The theory and practice of online learning (pp. 3−31). (2nd ed). Athabasca, AB: Athabasca University Retrieved from http://desarrollo.uces.edu.ar:8180/dspace/ bitstream/123456789/586/1/Theory%20and%20Practice%20of%20online%20learn ing.pdf#page=227.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148: https://doi.org/10.29210/119800.

BBCIndonesia. (2020). Virus corona: 'Status kedaruratan kesehatan masyarakat' dan pembatasan sosial berskala besar, yang boleh dan tidak boleh. Retrieved from: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52109439.

Benson, A. (2002). Using online learning to meet workforce demand: A case study of stakeholder influence. Quarterly Review of Distance Education, 3(4), 443−452.

Conrad, D. (2002). Deep in the hearts of learners: Insights into the nature of online community. Journal of Distance Education, 17(1), 1−19.

Harahap, A. C., Putri, H, D., Permatasari, & H. S., Rivai. (2020). Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh di masa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14. http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v3i1.4804.

Hiltz, S. R., & Turoff, M. (2005). Education goes digital: The evolution of online learning and the revolution in higher education. Communications of the ACM, 48(10), 59−64, https://doi.org/10.1145/1089107.1089139.

Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stres akademik dan motivasi berprestasi pada mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153-160. http://dx.doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260

Kumalasasri, D., & Akmal, S. Z. (2020). Resiliensi akademik dan kepuasan belajar daring di masa pandemi Covid-19: Peran mediasi kesiapan belajar daring. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 353-368. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.4139.

Lin, Y. M. & Chen, F. S. (2009). Academic stress inventory of student at Universities and Collages of Technology. World Transaction on Enggenering and Technology Education, 7(2), 157-162.

Liviana, P. H., Mubin, M., Fatkhul, & Basthomi, Y. (2020). Tugas pembelajaran penyebab stres mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203 – 208.

Lowenthal, P. R., Wilson, B., & Parrish, P. (2009, October). Context matters: A description and typology of the online learning landscape. In AECT International Convention, Louisville, KY.

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa pandemi Covid 19. Jurnal Psikologi, 10(1), 31-39.

Mustofa, B. (2019). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Oblinger, D., Oblinger, J. L., & Lippincott, J. K. (2005). Educating the net-generation. Boulder, Colo.: EDUCAUSE, c2005. 1 v. (various pagings): illustrations.

Oon, A.N. (2007). Handling study stress. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Sadikin, A. & Hamidah, M. A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Siregar, I. K., & Putri S. R. (2019). Hubungan self-efficacy dan stres akademik mahasiswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91-95.

Suganda, K. D. (2014). Tingkat stres pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. USU. Medan.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. R&D. Bandung: Alfabeta.

Triacca, L., Bolchini, D., Botturi, L., & Inversini, A. (2004). Mile: Systematic usability evaluation for e-Learning web applications. In EdMedia+ Innovate Learning (pp. 4398-4405). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

Wicaksana B. Y. (2017). Hubungan antara stres akademik dan kecenderungan impulsive buying pada mahasiswa. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jptp.v3i2.22121

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Copyright (c) 2021 Luthfi Rahman, Asri Ananda Putri, Mhd. Fikri Ramadhan, Siti Muntiah, Marty Mawarpury

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Email: jptp@psy.uad.ac.id


 e-ISSN: 2715-2456


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats