BRAND EQUITY: STRATEGI MEMBANGUN MINAT YANG KUAT MENJADI ANGGOTA JARINGAN SAUDAGAR MUHAMMADIYAH (JSM)

Authors

  • Murry Harmawan Saputra Muhammadiyah University of Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.12928/optimum.v8i2.10541

Keywords:

MEK, JSM, Brand Equity, Pengusaha Muhammadiyah

Abstract

Penelitian ini merupakan applied research (penelitian terapan), sehingga penelitian ini memanfaatkan konsep ilmu pengetahuan pada isu-isu tertentu, untuk menjawab persoalan praktis yang terkait dengan pengambilan kebijakan atau social problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis model strategi penguatan brand equity Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM), agar dapat mempengaruhi dan menumbuhkan minat yang kuat para pengusaha Muhammadiyah untuk ikut berpartisipasi aktif dan berkontribusi dalam JSM. Dengan demikian program strategis Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) dapat tercapai dan berkembang secara berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan subjek penelitian adalah para pengusaha Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo. Responden dalam penelitian ini sebanyak 175, yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Proses analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan multiple regression analysis dengan menggunakan program SPSS for Windows.

Hasil temuan pada penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdukung. Hal tersebut menunjukkan bahwa model konseptual dan model empiris yang dibangun dalam penelitian ini, mampu menggambarkan dan mengonfirmasi fenomena yang ada. Kekuatan brand persyarikatan Muhammadiyah telah mampu menumbuhkan minat yang kuat bagi para pengusaha yang berafiliasi dengan Muhammadiyah untuk ambil bagian menjadi Anggota Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) yang dicanangkan oleh Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Penelitian ini merupakan penelitian awal yang masih perlu dilanjutkan dengan penelitian lanjutan terkait dengan langkah-langkah strategis untuk pengembangan Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM). Hasil temuan dalam penelitian ini merupakan langkah awal bagi MEK PP Muhammadiyah untuk mengintensifkan program-program yang berkelanjutan demi suksesnya program Jaringan Saudagar Muhammadiyah di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing brand equity. New York: The Free Press.

Aaker, D.A. (1996), Measuring brand equity across products and markets, California Management Review, Vol. 38 No. 3, pp. 102-20.

Assael, Henry. Consumer Behavior A Strategic Approach (2005 Indian. Dreamtech Press, 2005.

Cooper, D.R. dan P.S. Schindler (2006), Business Research Methods, 9th edition, New York: McGraw-Hill.

Cravens, David W., 2000, Pemasaran Strategis, Edisi Keempat, Alih Bahasa Lina Salim, Jakarta: Erlangga.

Dharmmesta, B.S., dan H. Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Yogyakarta: BPFE.

Dharmmesta, B.S., dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Yogyakarta: Liberty.

Dunne, P.M., R.F. Lusch dan D.A. Griffith, 2002, Retailing, 4th ed, Shouth Westren: Ohio.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid Pertama, Jakarta: Prenhallindo.

Lamb, Charles W., Joseph F. Hair dan Charles Mc Danield, 2001, Marketing, Terjemahan oleh David Octarevia, Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Empat.

Levy, M. dan Weits B. A., 2004, Retailing Management, Fifth Edition, New York: McGraw Hill, Inc.

Mowen, John C., dan Michael Minor, 2002, Perilaku Konsumen, Jakarta: Erlangga.

Sekaran, U. (2006), Metodologi Penelitian untuk Bisnis, edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Shipley, D., & Egan, C. (1992). Power, conflict and co-operation in brewer-tenant distribution channels. International Journal of Service Industry Management, 3(4), 44-62.

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kesembilan, Bandung: CV Alfabeta.

Sujana, Asep S.T., 2005, Paradigma Baru dalam Manajemen Ritel Modern, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutisna, 2003, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thomas C. Kinnear and James R. Taylor, 1973, Journal of Marketing Research Vol. 10, No. 2, pp. 191-197

Thoyib, Usman, 1998, Manajemen Perdagangan Eceran, Yogyakarta: Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII.

Tjiptono, Fandy, 2000, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andy Offset.

Tuten, T. L., & Urban, D. J. (2001). An expanded model of business-to- businesspartnership formation and success. Industrial marketing management, 30(2), 149-164.

Westerlund, M., & Rajala, R. (2010). Learning and innovation in inter-organizational network collaboration. Journal of Business & Industrial Marketing, 25(6), 435-442.

Widarjono, A., 2005, Ekonometrika: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Ekonisia.

Wilkie, W.L. (1990), Consumer Behavior, 2nd edition. New York: John Wiley and Sons, Inc.

Downloads

Published

2018-09-30

Issue

Section

Articles