BRAND POSITIONING, PERSEPSI DAN KEPERCAYAAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT
DOI:
https://doi.org/10.12928/optimum.v8i2.10268Keywords:
bank perkreditan rakyat, brand positioning, persepsiAbstract
Bank perkreditan rakyat (BPR) adalah salah satu jenis bank yang dikenal melayani golongan pengusaha mikro, kecil dan menengah. Sama halnya dengan bank umum, bank BPR mempunyai fungsi yang sama sebagai lembaga intermediate yang menghubungkan pihak yang mempunyai kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana. Sebagai bank yang identik dengan sektor mikro kecil, perkembangan penyaluran kredit bank BPR pada sektor UMKM justru sangat kecil dibanding penyaluran kredit pada bank umum
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah 1) brand positioning bank BPR berpengaruh pada kepercayaan 2) persepsi bank BPR berpengaruh pada kepercayaan nasabah dan 3) mengetahui apakah brand positioning dan persepsi berpengaruh simultan pada kepercayaan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yakni para nsasabah bank yang mempunyai pinjaman usaha (debitur) di PD BPR Bantul. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui kuesioner. Periode sampling dilakukan pada bulan April-Mei 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 45 debitur PD BPR Bantul.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa berdasar uji t, brand positioning berpengaruh signifikan dengan nilai sig 0,031. Begitu juga persepsi berpengaruh signifikan pada level 0.000 sekaligus menunjukkan bahwa dengan persepsi adalah fakor yang paling dominan terhadap kepercayaan nasabah. Kemudian berdasarkan uji F, brand positioning dan persepsi berpengaruh simultan terhadap kepercayaan. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,660 menunjukkan bahwa masih terdapat sekitar 34% di luar faktor brand positioning dan kepercayaan yang menjelaskan tingkat kepercayaan nasabah. Hasil lain menunjukkan bahwa nasabah mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi pada bank PD BPR Bantul dengan nilai 4.2 dari skala 5.
Kata kunci : bank perkreditan rakyat, brand positioning, persepsi
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere.
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities tacitly or explicitly of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.