BRAND POSITIONING, PERSEPSI DAN KEPERCAYAAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT

Ahsan Sumantika

Abstract


Bank perkreditan rakyat (BPR) adalah salah satu jenis bank yang dikenal melayani golongan pengusaha mikro, kecil dan menengah. Sama halnya dengan bank umum, bank BPR mempunyai fungsi yang sama sebagai lembaga intermediate yang menghubungkan pihak yang mempunyai kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana. Sebagai bank yang identik dengan sektor mikro kecil, perkembangan penyaluran kredit bank BPR pada sektor UMKM justru sangat kecil dibanding penyaluran kredit pada bank umum

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah 1) brand positioning bank BPR berpengaruh pada kepercayaan 2) persepsi bank BPR berpengaruh pada kepercayaan nasabah dan 3) mengetahui apakah brand positioning dan persepsi berpengaruh simultan pada kepercayaan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yakni para nsasabah bank yang mempunyai pinjaman usaha (debitur) di PD BPR Bantul. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui kuesioner. Periode sampling dilakukan pada bulan April-Mei 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 45 debitur PD BPR Bantul.


Hasil pengujian menunjukkan bahwa berdasar uji t, brand positioning berpengaruh signifikan dengan nilai sig 0,031. Begitu juga persepsi berpengaruh signifikan pada level 0.000 sekaligus menunjukkan bahwa dengan persepsi adalah fakor yang paling dominan terhadap kepercayaan nasabah. Kemudian berdasarkan uji F, brand positioning dan persepsi berpengaruh simultan terhadap kepercayaan. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,660 menunjukkan bahwa masih terdapat sekitar 34% di luar faktor brand positioning dan kepercayaan yang menjelaskan tingkat kepercayaan nasabah. Hasil lain menunjukkan bahwa nasabah mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi pada bank PD BPR Bantul dengan nilai 4.2 dari skala 5.

Kata kunci : bank perkreditan rakyat, brand positioning, persepsi


Keywords


bank perkreditan rakyat; brand positioning; persepsi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/optimum.v8i2.10268

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.