MEMBANGUN APLIKASI WAITRES RESTORAN BERBASIS PLATFORM MOBILE ANDROID BERFUNGSI SEBAGAI FRONT END (STUDI KASUS NGEBAN RESTO YOGYAKARTA)

Noki Hamda, Eko Aribowo

Abstract


Aplikasi yang dirancang pada “Ngeban Resto Yogyakarta” menggunakan metode pengumpulan data wawancara langsung kepada pihak restoran (pelayan, kasir, dan manager). Aplikasi ini memakai komputer di server, dapur dan kasir, dengan memanfaatkan aplikasi desktop. Mobile android di sisi client pemesan berfungsi ketika pengunjung melakukan input pemesanan menu di mobile  android, bagian dapur dan kasir dapat melakukan view.

Bahasa pemrograman yang menghubungkan inputan dari sisi client (Android) di dapur menggunakan script PHP. Script PHP data selanjutnya akan membangkitkan perintah MySQL dalam bentuk query dan memanggil stroted procedure yang ada pada komputer server, tujuannya memberikan alternatif untuk pemesanan makanan dan minuman dengan menggunakan mobile android sebagain pengganti buku dan pulpen. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode, yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pemesanan makanan dan minuman di restoran. Hasil pengujian sistem di Ngerban Resto Yogyakarta menunjukkan bahwa aplikasi pemesanan makanan dan minuman berbasis android ini layak dan dapat dipergunakan untuk melakukan pemesanan makanan dan minuman.

Kata kunci : Aplikasi, Pemesanan, Mobile Android, Restoran, PHP, MySQL.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal