MEMBANGUN APLIKASI WAITRES RESTORAN BERBASIS PLATFORM MOBILE ANDROID BERFUNGSI SEBAGAI FRONT END (STUDI KASUS NGEBAN RESTO YOGYAKARTA)

Noki Hamda, Eko Aribowo

Abstract


Aplikasi yang dirancang pada “Ngeban Resto Yogyakarta†menggunakan metode pengumpulan data wawancara langsung kepada pihak restoran (pelayan, kasir, dan manager). Aplikasi ini memakai komputer di server, dapur dan kasir, dengan memanfaatkan aplikasi desktop. Mobile android di sisi client pemesan berfungsi ketika pengunjung melakukan input pemesanan menu di mobile  android, bagian dapur dan kasir dapat melakukan view.

Bahasa pemrograman yang menghubungkan inputan dari sisi client (Android) di dapur menggunakan script PHP. Script PHP data selanjutnya akan membangkitkan perintah MySQL dalam bentuk query dan memanggil stroted procedure yang ada pada komputer server, tujuannya memberikan alternatif untuk pemesanan makanan dan minuman dengan menggunakan mobile android sebagain pengganti buku dan pulpen. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode, yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pemesanan makanan dan minuman di restoran. Hasil pengujian sistem di Ngerban Resto Yogyakarta menunjukkan bahwa aplikasi pemesanan makanan dan minuman berbasis android ini layak dan dapat dipergunakan untuk melakukan pemesanan makanan dan minuman.

Kata kunci : Aplikasi, Pemesanan, Mobile Android, Restoran, PHP, MySQL.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i3.3089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Noki Hamda, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.