PEMBUATAN ANIMASI GATOTKACA 3 DIMENSI SCENE “KEJAHILAN DURSALA DAN PRABASA”

Agung Kesuma Wardana, Wahyu Pujiyono

Abstract


Pada dasarnya wayang ditujukan untuk orang dewasa dan biasanya dipentaskan pada malam hari sehingga tidak memungkinkan untuk dikonsumsi anak-anak. Salah satu jenis hiburan yang menarik perhatian anak-anak yaitu film animasi akan tetapi jarang sekali adanya film animasi yang mengangkat tentang budaya nasional khususnya untuk anak-anak dan mayoritas film animasi anak merupakan film import yang tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode 3D Production Pipeline yang memiliki tiga tahapan yaitu preproduction, production dan postproduction. Setiap tahapan memiliki urutan kerja yang saling berhubungan. Film yang dihasilkan diuji dengan metode Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini berupa film animasi yang dapat memberikan edutainment terhadap anak dan dapat dikonsumsi oleh anak-anak kapan saja dan dimana saja.  Hasil pengujian Black Box Test menunjukkan bahwa film yang dibuat memiliki nilai positif dan sesuai untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Hasil pengujian Alpha Test menunjukkan  bahwa film yang dibuat menarik dan dapat mengenalkan tokoh yang ada dalam animasi Gatotkaca.

Kata Kunci : Animasi, Gatotkaca, Wayang,  3D Production Pipeline.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal