PEMBUATAN ANIMASI GATOTKACA 3 DIMENSI SCENE “KEJAHILAN DURSALA DAN PRABASAâ€

Agung Kesuma Wardana, Wahyu Pujiyono

Abstract


Pada dasarnya wayang ditujukan untuk orang dewasa dan biasanya dipentaskan pada malam hari sehingga tidak memungkinkan untuk dikonsumsi anak-anak. Salah satu jenis hiburan yang menarik perhatian anak-anak yaitu film animasi akan tetapi jarang sekali adanya film animasi yang mengangkat tentang budaya nasional khususnya untuk anak-anak dan mayoritas film animasi anak merupakan film import yang tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode 3D Production Pipeline yang memiliki tiga tahapan yaitu preproduction, production dan postproduction. Setiap tahapan memiliki urutan kerja yang saling berhubungan. Film yang dihasilkan diuji dengan metode Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini berupa film animasi yang dapat memberikan edutainment terhadap anak dan dapat dikonsumsi oleh anak-anak kapan saja dan dimana saja.  Hasil pengujian Black Box Test menunjukkan bahwa film yang dibuat memiliki nilai positif dan sesuai untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Hasil pengujian Alpha Test menunjukkan  bahwa film yang dibuat menarik dan dapat mengenalkan tokoh yang ada dalam animasi Gatotkaca.

Kata Kunci : Animasi, Gatotkaca, Wayang,  3D Production Pipeline.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i3.3087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agung Kesuma Wardana, Wahyu Pujiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.