SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN ASRAMA MAHASISWA DAERAH DI KOTA YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID

Robi Edwarsyah, Kartika Firdausy

Abstract


Yogyakarta sebagai kota pendidikan merupakan salah satu kota di Indonesia yang dijadikan tujuan studi bagi pelajar asal daerah yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Setiap tahunnya kota Yogyakarta didatangi ratusan ribu mahasiswa asal daerah dari seluruh pelosok nusantara. Keterbatasan informasi seperti tempat kos atau tempat-tempat lainnya tentu dialami oleh calon mahasiswa maupun mahasiswa semester awal yang baru menginjakkan kaki di kota Yogyakarta. Padahal asrama mahasiswa daerah yang berada di Kota Yogyakarta bisa dijadikan solusi tempat mencari informasi-informasi terkait seputar kebutuhan calon mahasiswa baru maupun mahasiswa semester awal. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan penelitian untuk menciptakan sistem informasi geografis pencarian asrama mahasiswa daerah.

Metode penelitian diawali dengan menganalisis kebutuhan, kemudian dilanjutkan dengan perancangan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi untuk mengetahui letak asrama mahasiswa daerah kemudian mencatat alamat lokasi dan koordinat posisi, metode studi pustaka dengan membandingkan beberapa jurnal terkait, dan metode dokumentasi untuk mendokumentasikan obyek yang dijadikan penelitian. Setelah data terkumpul kemudian melakukan tahapan analisis untuk menentukan spesifikasi sistem pencarian sesuai kebutuhan. Tahapan perancangan pada sistem menggunakan UML dan pada perancangan antarmuka menggunakan Balsamiq Mockups. Implementasi sistem menggunakan bahasa pemrograman android. Sistem yang dihasilkan kemudian diuji dengan metode Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil penelitian ini adalah “Sistem Informasi Geografis Pencarian Asrama Mahasiswa Daerah Di Yogyakarta Berbasis Android” dengan memanfaatkan GPS yang dapat memberikan informasi asrama yaitu dapat menampilkan peta yang dapat menunjukkan posisi user disertai rute petunjuk arah jalan.

Kata kunci : Android, Asrama, Mahasiswa, Yogyakarta 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal