SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN ASRAMA MAHASISWA DAERAH DI KOTA YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID

Robi Edwarsyah, Kartika Firdausy

Abstract


Yogyakarta sebagai kota pendidikan merupakan salah satu kota di Indonesia yang dijadikan tujuan studi bagi pelajar asal daerah yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Setiap tahunnya kota Yogyakarta didatangi ratusan ribu mahasiswa asal daerah dari seluruh pelosok nusantara. Keterbatasan informasi seperti tempat kos atau tempat-tempat lainnya tentu dialami oleh calon mahasiswa maupun mahasiswa semester awal yang baru menginjakkan kaki di kota Yogyakarta. Padahal asrama mahasiswa daerah yang berada di Kota Yogyakarta bisa dijadikan solusi tempat mencari informasi-informasi terkait seputar kebutuhan calon mahasiswa baru maupun mahasiswa semester awal. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan penelitian untuk menciptakan sistem informasi geografis pencarian asrama mahasiswa daerah.

Metode penelitian diawali dengan menganalisis kebutuhan, kemudian dilanjutkan dengan perancangan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi untuk mengetahui letak asrama mahasiswa daerah kemudian mencatat alamat lokasi dan koordinat posisi, metode studi pustaka dengan membandingkan beberapa jurnal terkait, dan metode dokumentasi untuk mendokumentasikan obyek yang dijadikan penelitian. Setelah data terkumpul kemudian melakukan tahapan analisis untuk menentukan spesifikasi sistem pencarian sesuai kebutuhan. Tahapan perancangan pada sistem menggunakan UML dan pada perancangan antarmuka menggunakan Balsamiq Mockups. Implementasi sistem menggunakan bahasa pemrograman android. Sistem yang dihasilkan kemudian diuji dengan metode Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil penelitian ini adalah “Sistem Informasi Geografis Pencarian Asrama Mahasiswa Daerah Di Yogyakarta Berbasis Android†dengan memanfaatkan GPS yang dapat memberikan informasi asrama yaitu dapat menampilkan peta yang dapat menunjukkan posisi user disertai rute petunjuk arah jalan.

Kata kunci : Android, Asrama, Mahasiswa, Yogyakarta 




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i3.3086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Robi Edwarsyah, Kartika Firdausy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.