RANCANG BANGUN APLIKASI BABY CARE UNTUK MENCATAT PERKEMBANGAN BALITA BERBASIS ANDROID DENGAN METODE INDIKATOR ANTROPOMETRI

Fadmala Anggriana, Herman Yuliansyah

Abstract


Indikator Antropometri merupakan dasar dari penilaian status gizi yang umum digunakan, salah satunya adalah berat badan terhadap umur (BB/U). Departemen Kesehatan RI saat ini menggunakan acuan berat badan terhadap umur (BB/U) untuk digunakan di kartu menuju sehat (KMS). Observasi di Posyandu Mantrijeron, petugas puskesmas hanya mengisi data perkembangan balita yang ada di Puskesmas, sehingga orang tua tidak mempunyai salinan data perkembangan balita di KMS. Sedangkan balita memiliki pertumbuhan yang cepat dan pertumbuhannya tidak bisa diprediksi.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian yaitu melalui observasi, kuisioner, dan studi pustaka. Tahap pengembangan aplikasi meliputi analisis untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Desain sistem yang dilakukan meliputi desain aktivitas (menggambaarkan activity diagram), desain data (menggambarkan ERD, mapping, dan struktur table), dan desain antarmuka. Implementasi sistem menggunakan Java Android. Pengujian yang dilakukan menggunakan 2 pengujian, yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah Aplikasi Baby Care untuk Mencatat Perkembangan Balita Berbasis Android. Aplikasi yang dibangun memanfaatkan komponen broadcase receiver untuk jadwal imunisasi, sedangkan info makanan sehat menggunakan web view. Hasil pengujian Black Box menyatakan bahwa aplikasi sudah berjalan dengan baik sehingga dapat dinyatakan layak dan dapat digunakan.

Kata Kunci : Indikator Antropometri, Gizi, Balita, Android


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal