RANCANG BANGUN APLIKASI BABY CARE UNTUK MENCATAT PERKEMBANGAN BALITA BERBASIS ANDROID DENGAN METODE INDIKATOR ANTROPOMETRI

Fadmala Anggriana, Herman Yuliansyah

Abstract


Indikator Antropometri merupakan dasar dari penilaian status gizi yang umum digunakan, salah satunya adalah berat badan terhadap umur (BB/U). Departemen Kesehatan RI saat ini menggunakan acuan berat badan terhadap umur (BB/U) untuk digunakan di kartu menuju sehat (KMS). Observasi di Posyandu Mantrijeron, petugas puskesmas hanya mengisi data perkembangan balita yang ada di Puskesmas, sehingga orang tua tidak mempunyai salinan data perkembangan balita di KMS. Sedangkan balita memiliki pertumbuhan yang cepat dan pertumbuhannya tidak bisa diprediksi.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian yaitu melalui observasi, kuisioner, dan studi pustaka. Tahap pengembangan aplikasi meliputi analisis untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Desain sistem yang dilakukan meliputi desain aktivitas (menggambaarkan activity diagram), desain data (menggambarkan ERD, mapping, dan struktur table), dan desain antarmuka. Implementasi sistem menggunakan Java Android. Pengujian yang dilakukan menggunakan 2 pengujian, yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah Aplikasi Baby Care untuk Mencatat Perkembangan Balita Berbasis Android. Aplikasi yang dibangun memanfaatkan komponen broadcase receiver untuk jadwal imunisasi, sedangkan info makanan sehat menggunakan web view. Hasil pengujian Black Box menyatakan bahwa aplikasi sudah berjalan dengan baik sehingga dapat dinyatakan layak dan dapat digunakan.

Kata Kunci : Indikator Antropometri, Gizi, Balita, Android




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i3.3084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadmala Anggriana, Herman Yuliansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.