SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SENTRA INDUSTRI KERAJINAN DI DIY BERBASIS WEB

Arif Aditia, Eko Aribowo

Abstract


Secara garis besar penelitian ini menggambarkan pelaksanaan pemberdayaan IKM sentra kerajinan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan di DIY. Penelitian ini sangat penting mengingat pentingnya pemberdayaan IKM sentra kerajinan yang dianggap sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan perekonomian Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak informasi tentang sentra kerajinan yang belum diketahui oleh masyarakat. Informasi mengenai pemetaan potensi sentra kerajinan yang terdaftar maupun belum terdaftar di seluruh DIY merupakan salah satu solusi pemecahan masalah supaya mempermudah masyarakat/wisatawan untuk mendapatkan informasi tanpa harus membeli peta ataupun mencari informasi kepada masyarakat sekitar.

Subjek penelitian ini adalah website sistem informasi geografis sentra industri kerajinan di DIY. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka dan wawancara langsung terhadap pimpinan disperindagkop. Implementasi menggunakan bahas pemograman PHP dan MySQL sebagai manajemen database. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode, yaitu Black Box dan Alpha Test.

 Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah sistem informasi geografis sentra industri kerajinan di DIY berbasis web yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi sentra kerajinan dengan cepat dan tepat dan dapat diaplikasikan dinas dalam mempromosikan sentra industri kerajinan di DIY. Hasil pengujian sistem menunjukan bahwa sistem informasi geografis sentra industri kerajinan di DIY ini layak dan dapat digunakan.

Kata kunci : Pemberdayaan IKM,  SIG, Google Maps, Web.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.3045

Article Metrics

Abstract view : 130 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal