SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SENTRA INDUSTRI KERAJINAN DI DIY BERBASIS WEB

Arif Aditia, Eko Aribowo

Abstract


Secara garis besar penelitian ini menggambarkan pelaksanaan pemberdayaan IKM sentra kerajinan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan di DIY. Penelitian ini sangat penting mengingat pentingnya pemberdayaan IKM sentra kerajinan yang dianggap sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan perekonomian Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak informasi tentang sentra kerajinan yang belum diketahui oleh masyarakat. Informasi mengenai pemetaan potensi sentra kerajinan yang terdaftar maupun belum terdaftar di seluruh DIY merupakan salah satu solusi pemecahan masalah supaya mempermudah masyarakat/wisatawan untuk mendapatkan informasi tanpa harus membeli peta ataupun mencari informasi kepada masyarakat sekitar.

Subjek penelitian ini adalah website sistem informasi geografis sentra industri kerajinan di DIY. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka dan wawancara langsung terhadap pimpinan disperindagkop. Implementasi menggunakan bahas pemograman PHP dan MySQL sebagai manajemen database. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode, yaitu Black Box dan Alpha Test.

 Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah sistem informasi geografis sentra industri kerajinan di DIY berbasis web yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi sentra kerajinan dengan cepat dan tepat dan dapat diaplikasikan dinas dalam mempromosikan sentra industri kerajinan di DIY. Hasil pengujian sistem menunjukan bahwa sistem informasi geografis sentra industri kerajinan di DIY ini layak dan dapat digunakan.

Kata kunci : Pemberdayaan IKM,  SIG, Google Maps, Web.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.3045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arif Aditia, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.