PEMBUATAN FILM ANIMASI “ MEMBANTU ORANG TUA “
Abstract
Film animasi memiliki fungsi sebagai alat penghibur dan sebagai media edukasi untuk anak. Namun dari sekian banyak film animasi yang ditayangkan di televisi, belum banyak film yang mengajarkan tentang sesuatu yang mengandung makna membantu, misalnya tentang membantu orang tua. Di dalam kehidupan sehari-hari, masih ada anak yang tidak pernah membantu orang tua dikarenakan malas dan ketidaktahuan anak tentang membantu orang tua sehingga membuat anak tidak mengerti tentang cara membantu orang tua. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam tugas akhir ini akan dibuat film animasi 2D yang bertemakan membantu orang tua khususnya menyapu halaman dengan menggunakan teknik frame by frame dan tweening.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka yaitu mencari, membaca, dan mengumpulan dokumen-dokumen sebagai referensi yang berhubungan dilakukan dengan pembuatan film animasi serta melalui wawancara dan pembagian quisioner. Selanjutnya perancangan sistem dengan beberapa tahap yaitu dimulai dari penentuan ide, tema, alur cerita, pembuatan storyboard, perancangan tokoh karakter, proses animasi, pengisian suara dan editing video.
Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan metode black box oleh animator diperoleh hasil jawaban yang menyatakan layak ditonton 89%, tidak layak 11% dan hasil 100% dari psikolog menyatakan layak ditonton. Pengujian menggunakan metode alpha test diperoleh hasil 52.85 % menyatakan sangat setuju untuk ditonton dan 47.14 % setuju untuk ditonton. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa film animasi “membantu orang tua†layak ditonton oleh anak-anak dan dapat dijadikan sebagai referensi bagi orang tua untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak khususnya dalam hal membantu orang tua yaitu menyapu halaman.
Kata kunci : Film Animasi 2D, Frame by Frame, Tweening, Menyapu Halaman
Full Text:
PDFReferences
Adnan, 2008, “ Teknik Penulisan Skenario†http://adnanscript.blogspot.com Diakses pada tanggal 8 Januari 2014
Binanto, Iwan, 2010, Multimedia Digital Dasar-Dasar Teori dan Pengembangannya, Andi Offset : Yogyakarta.
Hoffsteter, 2001, A computer-based instruction system for distance multimedia Computer&Multimedia.
Dasar-dasar Multimedia (2011), Gunadarma: Depok http://jeje.staff. gunadarma.ac.id/ dasar-dasar-multimedia-m1-ppm.pdf. Diakses pada 03 Desember 2013 pukul 22.36.
Khrisna, Murthy, 2007, Dasar-Dasar Animasi,P.T Elex Media Komputindo: Jakarta
Mayrizky, Yossika Vidya, 2013, Pengaruh Media Televisi Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Ilmiah.
Pradana, Langgeng, 2012, Implementasi Teknik Character Animation Dan Teknik Masking Dalam Pembuatan Film Animasi “Kejujuranâ€, Tugas Akhir SI, UAD, Yogyakarta.
Vaughan, Tay, 2004, Multimedia: Making It Work, Edisi ke-6. New York: McGraw-Hill Companies
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Eka Hidayah Meliana Dewi, Nur Rochmah Dyah Puji Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.