SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KLINIS UNTUK MENGEFISIENKAN DIAGNOSA PENYAKIT KEJIWAAN MENGGUNAKAN CASE BASED REASONING

Nur Kahfi Ibrahim, Sri Winiarti

Abstract


Gangguan skizofrenia merupakan penyakit jiwa yang sering terjadi. Akan tetapi, tidak ada sistem pendukung keputusan klinis untuk mengefisienkan diagnosa penyakit skizofrenia menggunakan case based reasoning dengan kedekatan nearest neighbor, sehingga setiap konsultasi mengalami kesulitan karena terbatasnya dokter dan membuat diagnosa kurang efisien dalam penanganannya. Terwujudnya sistem untuk mendukung keputusan pakar agar mengefisienkan diagnosa menggunakan metode case based reasoning dengan metode kedekatan nearest neighbor.

Subjek penelitian adalah data rekam medis penyakit skizofrenia di Klinik Mitra Keluarga. Metode pengumpulan data dengan studi pustaka, wawancara dan observasi. Tahap pengembangan aplikasi meliputi desain basis pengetahuan, desain model, alur keputusan, pemodelan proses, pemodelan data, implementasi dan pengujian. Metode yang digunakan case based reasoning dengan metode kedekatan nearest neighbor dan pengujian menggunakan black box dan white box serta melakukan uji nilai T menggunakan paired t-test.

Hasil dari penelitian adalah terbentuknya sistem pendukung keputusan klinis untuk mengefisienkan diagnosa menggunakan case based reasoning. Dari pengujian terdapat perbedaan signifikan dalam tingkat mengefisienkan diagnosa penyakit kejiwaan setelah dibangunnya sistem pendukung keputusan klinis, hal ini mengacu dengan didapatkannya nilai p = 0.002<0.05 dari hasil pengujian paired t-test. Sistem mampu mengefisienkan proses diagnosa dengan memperhitungkan kedekatan antara case base dengan target case. Penelitian ini menghasilkan sistem pendukung keputusan klinis yang dapat digunakan untuk melakukan diagnosa awal terhadap penyakit skizofrenia

 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan Klinis, skizofrenia , case base reasoning, nearest neighbor

Full Text:

PDF

References


WHO, 1993, Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa di Indonesia III (PPDGJ III), Departemen Kesehatan R.I Direktorat Jendral Pelayanan Medik:Jakarta.

http://buletinkesehatan.com/bisakah-penyakit-skizofrenia-disembuhkan/, 01 Juni 2013, Bisakah Penyakit Skizofrenia Disembuhkan.

Febriani Neni, 2009, Sistem Pakar Untuk Menentukan Jenis Gangguan Kejiwaan Menggunakan Metode Dempster-Shafer, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Retnowati Reny, 2012, Implementasi Case Base Reasoning pada Sistem Pakar dalam Menentukan Jenis Gangguan Kejiwaan, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Mesterjon, 2013, Mendeteksi Gangguan Kejiwaan Dengan Metode Forward Chaining, Jurnal Media Infotama. http://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/18

Puspita, M., Wafa, Z., Kom & Syafnur, A. APLIKASI SISTEM PAKAR BERBASIS WEB DALAM MENGANALISA SAKIT KEJIWAAN. http://upi-yptk.ac.id/ejournal/File_Jurnal/09-437_MeilfaPuspita_Teknik%20 Informatika.pdf

Nachrowi J.N dan H. Usman, 2004, Teknik Pengambilan Keputusan, PT. Grasindo, Jakarta.

Pal, K. S, dan Shiu, K.C.S, 2004, Foundations of Soft Case-based Reasoning, A John Wiley & Sons, Inc., Publication, New Jersey.

Aamodt, A., dan Plaza, E., 1994, Case-Based Reasoning: Foundational Issues, Methodological Variations, and System Approaches, AI Communications.

Kusrini, Luthfi Taufiq Emha, 2009, Algoritma Data Mining, Andi:Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Kahfi Ibrahim, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.