PEMBUATAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) E-GOVERNMENT DI DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN D.I.Y.

Imam Ghozali, Sri Handayaningsih

Abstract


Perkembangan sistem informasi di Dinas Kelautan dan Perikanan DIY pada dasarnya sudah dikembangkan namun belum secara optimal. Masih banyak sistem yang belum terintegrasi dengan menyeluruh yang disesuaikan dengan relationship antara Dinas Kelautan dan Perikanan DIY dengan customer. Masalah sistem informasi berbasis web belum menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat khususnya nelayan, keterbatasan fasilitas pendukung pelayanan juga membuat interaksi antara Dinas Kelautan dan Perikanan DIY dengan Customer tidak berjalan dengan baik serta kurangnya waktu untuk mempersiapkan  sumber daya manusia yang benar-benar siap dan paham tentang E-government dengan menerapkan model CRM  sehingga pengembangan E-government menuju good governance tercapai.

Subyek yang akan dibahas pada penelitian ini adalah “Pembuatan Model CRM di Dinas Kelautan dan Perikanan DIY”. Model ini diharapkan bisa digunakan untuk  acuan dalam rangka mengoptimalkan kinerja E-government di Dinas kelautan dan perikanan DIY. Adapun dalam penelitian ini terdapat tahapan-tahapan dalam pembuatan model CRM. Tahapan tersebut antara lain pencarian data dengan metode observasi, wawancara dan studi pustaka, analisis data meliputi operational, analytical dan collaborative, dan pembuatan model CRM mulai dari rencana strategi, strategi pengembangan layanan, pembuatan arsitektur sistem informasi, arsitektur infrastruktur jaringan, dan pengujian perancangan sistem dengan menggunakan uji kelayakan.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan model sistem yaitu : “Kerangka Model CRM di Dinas Kelautan dan Perikanan DIY” yang dapat memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan customer melalui media layanan yang tersedia. Hasil uji kelayakan sistem menunjukan bahwa sistem yang di usulkan dapat diimplementasikan dan dapat membantu mendukung strategi organisasi dalam meningkatkan pelayanan E-Goverment di Provinsi DIY khususnya di Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, sehingga terjalin sebuah hubungan yang kondusif dengan customer terkait.

Kata kunci: Customer Relationship Management (CRM), E-Government, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY.

Full Text:

PDF

References


Kerangka Acuan Pengembangan DGS Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta: Jogja Info Services

G. Barnes, James. 2003. Recsrets Of Customer Relationship Management. Yogyakarta: Andi

Indrajit, Richardus. Eko. 2001. E-Commerce : Kiat dan Strategi Bisnis di dunia maya, Jakarta: Elex media Komputindo

Handayaningsih, Sri. 2010. Manajemen Perubahan Pada Pengembangan E-Government Berdasar Budaya Organisasi Pada Pemerintahan Daerah (studi kasus : DIY). Tesis. Yogyakarta

Surendro, Kridanto (2009), Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi, Bandung : Informatika

Winiarti, sri. 2011. Diktat kuliah sistem Informasi. Yogyakarta: UAD.

http://referensi.dosen.narotama.ac.id/files/2011/12/09_CRM-Plasmedia.pdf, Diunduh 20 oktober 2012

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/Bab%202__10-70.pdf Diunduh 12 feb 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2608

Article Metrics

Abstract view : 273 times
PDF - 293 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal