MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DIAGONALISASI MATRIKS

Kirana Permata Putri, Ardi Pujiyanta

Abstract


Berdasarkan hasil nilai kuis Aljabar Linier yang telah dilakukan, bahwa  jumlah prosentase mahasiswa banyak yang mendapat nilai di bawah standart kompetensi dikarenakan mahasiswa tidak memahami materi khususnya dalam menentukan langkah-langkah menyelesaikan perhitungan Diagonalisasi Matriks. Penelitian ini bertujuan untuk membantu kegiatan perkuliahan Aljabar Linear. Dengan adanya multimedia pembelajaran ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan minat belajar dan motivasi dalam kegiatan belajar khususnya mengenai materi Diagonalisasi Matriks.

Metode penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data, interview dan kuesioner. Metode literatur  dilakukan dengan studi pustaka yaitu membaca dan membandingkan buku dan artikel yang terkait. Wawancara dilakukan kepada dosen pengampu mata kuliah Aljabar Linear. Penyebaran kuesioner terkait tentang perhitungan materi Diagonalisasi Matriks. Data yang terkumpul digunakan untuk menganalisis user, kebutuhan user,  kebutuhan sistem. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah yang diperoleh, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, design document dan diagram navigasi, merancang naskah, merancang grafis. Hasil analisis digunakan untuk membuat aplikasi pembelajaran Aljabar Linear untuk materi Diagonalisasi Matriks, dan aplikasi multimedia dibuat dengan menggunakan software adobe flash CS3.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Multimedia Pembelajaran Aljabar Linear untuk materi  Diagonalisasi Matriks. Aplikasi telah diuji coba  menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat  membantu proses pembelajaran mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran Aljabar Linear pada materi Diagonalisasi Matriks.

 

Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Aljabar Linear, Diagonalisasi Matriks

Full Text:

PDF

References


Wicaksono, Ary, 2008, Aplikasi Media Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas Kelas XII Pada Materi Vektor Berbasis Multimedia, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Basuki, Teguh, 2008, Sistem Pembelajaran Matematika Materi Himpunan dan Peluang untuk Sekolah Menengah Pertama, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Pujiyanta, Ardi,2011, Pengantar Aljabar Linier,Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

faculty.petra.ac.id/herisw/Fisika1/4-dinami.doc,25 februari 2012

Mayub, A., 2006, E-learning Fisika Berbasis Macromedia Flash MX, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Pujiono, Wahyu, 2004, Diktat Kuliah Basis Data, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

http://www.puskur.net/inc/SMA/Fisika.pdf, 18 februari 2012

Purbaya, P, 2006, Pengembangan Computer Assisted Instruction (CAI) Mata Pelajaran Fisika Pada Materi Pokok Optika Geometri Lensa Berbasis Multimedia, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Idel, Antoni dan Haryono,Rudy,Pintar Matematika SMU,Gitamedia Press, Surabaya.

http://www.scribd.com/doc/46984922/nilai-eigen, 20 februari 2012

http://www.google.co.id/url?q=http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/fullchapter/04510007-nurul-islamiyah.ps&sa=U&ei=h6ZYT96CNoPqrQeDqP31Cw&ved=0CBMQFjAC&usg =AFQjCNFnyVVL08vSHBocnHokwq1SG-q7OQ

http://nuralif.staff.umm.ac.id/files/2010/06/Aljab7.doc, diakses 30 april 2012

MACOMS, Madiun. 2008, Adobe Flash CS3 Profesional, Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kirana Permata Putri, Ardi Pujiyanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.