MEDIA PEMBELAJARAN MATERI KURVA PADA MATA KULIAH GRAFIKA KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA
Abstract
Pembelajaran Grafika Komputer pada materi Kurva bagi sebagian mahasiswa dirasa sulit untuk dipahami. Prestasi belajar mahasiswa sering diindikasikan dengan permasalahan belajar dalam memahami materi. Kegiatan belajar di dalam kelas dengan lisan, tulisan bahkan slide powerpoint dapat menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan cenderung membosankan. Grafika Komputer pada materi Kurva dirasa sulit oleh mahasiswa terutama pada langkah-langkah penyelesain perhitungan dan penggambaran bentuk kurva. Jumlah mahasiswa yang membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa yang tidak membutuhkan. Untuk itu perlu dibangun aplikasi pembelajaran Grafika Komputer khususnya pada materi Kurva agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah dosen dalam menyampaikan materi.
Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Grafika Komputer pada materi Kurva. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode interview dan metode kuisioner. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah yang diperoleh, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, design document dan diagram navigasi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test.
Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Grafika Komputer pada materi Kurva bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran Grafika Komputer.
Kata Kunci : Grafika Komputer, Kurva, Pembelajaran, Multimedia.Full Text:
PDFReferences
Daryanto, Tri, 2005, Sistem Multimedia Dan Aplikasinya, Graha ilmu, Yogyakarta
Jibril, Aaron, 2010, Jurus Kilat Jago Flash, Dunia Komputer, Jawa Barat
Maryono, 2012, Pengembangan Alat Bantu Pembelajaran Materi Kurva Pada Matakuliah Grafika Komputer Berbasis Multimedia,Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta
http://belangtelon.blogspot.com/2011_01_01_archive.html
Sutopo, Ariesto Hadi,2002, Pengantar Grafika Komputer, Gava Media, Yogyakarta
Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatakn Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta
Solin, Jamardi, 2010, Penggambaran Permukaan Bezier Menggunakan Algoritma Bezier, Skripsi S-1, Universitas Sumatra Utara, Medan
http://danangjunaedi.wordpress.com/category/perkuliahan/grafika-komputer/
http://202.159.8.146/server/media.php?module=detailskripsi&id=2124
http://belangtelon.blogspot.com/2011/01/metode-spline-untuk-menggambar.html
http://duniaenha.blogspot.com/2010/06/makalah-grafika-komputer.html
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Agus Arif Setiyawan, Ardi Pujiyanta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.